Short Course Scholarship for Indonesian, Cek Info Lengkapnya

1278 views

Hybernasi.com –Info Scholarship. Short course menjadi pilihan tak terelakkan bagi mereka yang hendak memelajari hal-hal baru, atau mendalami pengetahuan lama dalam hubungannya dengan praksis dunia kerja. Inilah beberapa Short Course Scholarship for Indonesian yang patut Anda coba!

Short Course Scholarship for Indonesian

Jika Anda adalah seorang pemburu scholarship (beasiswa) sejati, Anda akan mencoba semua peluang yang terbuka. Karena, selain terus mencoba berbagai peluang dapat meningkatkan pengetahuan Anda mengenai, misalnya pemberkasan, alur, berikut syarat yang diperlukan sebelum mendaftar, Anda pun akan kian peka terhadap informasi mana saja yang secara khusus berguna bagi pemburu beasiswa dari Indonesia.

Short course scholarship for Indonesian ini menyajikan info peluang beasiswa short course di luar negeri mana saja yang berpeluang Anda lamar, tata-cara, dan dokumen lamaran apa saja yang perlu Anda persiapkan.

 

Short Course Scholarship for Indonesian pada 2022

 

1. Orange Knowledge Short Course in Netherland

Deskripsi Beasiswa

Orange Knowledge Short Course Scholarship (Beasiswa Kursus Singkat Orange Knowledge) yang diinisiasi oleh pemerintah Belanda ini membuka diri pada pertukaran siswa internasional (international student exchange).

Apa saja garis-garis besar penawaran program ini? Penawaran beasiswa Orange Knowledge mencakup dua pembidangan umum, yakni Pelatihan Singkat/Kursus Singkat (Short Training/Short Course) dan beasiswa Master untuk semua jurusan/prodi. Kedua skema beasiswa ini terdapat di seluruh kampus/universitas di Belanda.

Terkait dengan waktu pendaftaran, Anda perlu  selalu update info. Karena, setiap universitas memiliki waktu pendaftaran yang berbeda.

 

Tujuan Beasiswa

Menurut laman resmi pemerintah Belanda, beasiswa Orange Knowledge secara spesifik dijalankan atas tujuan, yakni demi turut andil bagi pembangunan masyarakat yang inklusif dan berkontinuasi.

Melalui program beasiswa tersebut, Belanda bermaksud ambil bagian dalam program pencerdasan dan pencerahan, sehingga seluruh masyarakat dunia tidak hidup dalam suasana ketimpangan yang terus menganga. Untuk menjalankan misi tersebut, program ini harus bersifat terbuka dan berkelanjutan. Sehingga, dengan begitu, pembangunan manusia dapat terus dipantau dan dikembangkan dari masa ke masa.

 

Cakupan Beasiswa

Beasiswa Orange Knowledge mencakup:

  1. Pelatihan Singkat (Short Training/Short Courses), dan
  2. Beasiswa Master/Magister.

 

Durasi Belajar

  1. Short Training/Courses (2 minggu sampai 12 bulan), dan
  2. Program Master/Magister (12-24 bulan).

 

Pendanaan

Full funded (beasiswa penuh)

 

Negara Target:

Karena program beasiswa ini dinafasi oleh inisiatif pembangunan manusia yang inklusif dan berkelanjutan, maka target utama Orange Knowledge Short Course Scholarship adalah penduduk dari negera-negara berkembang. Kalangan profesional dari negera berikut dipersilahkan untuk turut ambil bagian. Indonesia termasuk dalam cakupan negara target itu juga, lho!

Berikut daftar negara target Orange Knowledge Short Course Scholarship:

Lebanon, Afghanistan, Zimbabwe, Rwanda,Yaman, Albania, Vietnam, Armenia, Tunisia, Bangladesh, Tanzania, Bhutan, Suriname, Bolivia, Sudan, Burundi, Sri Lanka, Kamboja, Sudan Selatan, Zambia, Senegal, Kolombia, Filipina, Kongo (DRC), Peru, Kuba, Afrika Selatan, Palestina, Somalia, Pakistan, Mesir, Makedonia Utara, Ethiopia, Niger, Georgia, Nikaragua, Ghana, Nepal, Thailand, Guatemala, Myanmar, Guinea, Indonesia, Uganda, Mozambik, Yordania, Mali, Nigeria, Liberia, Kenya,

 

Alur Seleksi

Alur pengajuan Orange Knowledge Short Course Scholarship adalah sebagai berikut:

  1. Pelamar mendaftarkan diri secara langsung ke institusi tujuan di Belanda
  2. Institusi akan mendaftar pelamar, dan mengajukan proposal hibah ke pemerintah
  3. Kedutaan menilai dan memerikasa kelayakan aplikasi pelamar
  4. Hasil seleksi diterbitkan, lalu
  5. Hibah diserahkan ke pelamar.

Untuk syarat kelayakan dan prosedur pengajuan lamaran lainnya silakan update info berikut kontak terbaru pada laman ini: www.studyfinder.nl.

 

Referensi Pendaftaran

Untuk tahun ajaran 2022, Orange Knowledge Short Course Scholarship praktis hanya menyisakan satu slot, yakni hanya short course yang akan berlangsung untuk periode Juli –November 2022.

Sebagai gambaran, Anda perlu menengok referensi jadwal pendaftaran Orange Knowledge Short Course Scholarship pada 2021 yang lalu.

  1. Sesi Pertama

Pendaftaran dibuka pada awal Februari, dan berakhir pekan ketiga bulan Maret (short course periode Juli hingga November) 2021

  1. Sesi Kedua

Pendaftaran dibuka pada pertengahan Mei, ditutup pada akhir Juni (short course periode November-Februari 2022)

  1. Sesi Ketiga

Pendaftaran dibuka pada awal September 2021, dan berakhir di ujung Oktober 2021 (short course yang dimulai dalam kisaran Februari hingga Agustus pada tahun setelahnya, 2022)

 

2. The World Bank Internship Program

Saat ini, Bank Dunia (World Bank/WB) telah membuka pendaftaran program magang dan akan ditutup pada akhir Januari 2022. Periode pendaftaran Januari ini adalah untuk program magang yang akan berlangsung selama Mei-September atau selama musim panas 2022.

Program Magang Bank Dunia (The World Bank Internship Program) memberikan kesempatan kepada para pemalar dengan motivasi tinggi untuk mendalami misi dan tugas keperbankanan Bank Dunia secara lebih detil.

Program Magang ini memberikan kesempatan luas kepada para pelamar untuk menawarkan perspektif dan cakrawala yang segar, inovasi dan pengalaman selama menekuni dunia penelitian ke dalam praksis perbankan Bank Dunia, dengan terus mengasah skil dan keterampilan ke dalam lingkaran pergaulan di dalam internal kantor Bank Dunia.

Di luar itu, tentu bahwa kesempatan magang ini merupakan salah satu langkah terbaik untuk memperbaiki CV Anda.

Apalagi, pengalaman bekerja pada Program Magang Bank Dunia ini juga memberikan Anda kesempatan bekerja pada posisi operasional pengembangan dan beberapa unit bisnis lain seperti unit Akuntasi, Komunikasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lainnya.

Namun demikian, kesempatan magang pada unit-unit tersebut terbatas pada kebutuhan. Untuk mengakses lebih banyak infornasi terkait kebutuhan masing-masing unit pada tiap periode program magang, silakan kunjungi laman resmi program magang Bank Dunia.

 

Syarat Kelayakan

Syarat utama program magang ini yaitu bahwa pelamar merupakan lulusan D-IV atau yang setara, dan terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada prodi pascasarjana. Tanpa batasan umur.

Selain itu, pelamar harus fasih (lisan dan tulisan) berbahasa Inggris. Penguasaan terhadap bahasa lain seperti: Bahasa Spanyol, Prancis, Rusia, Portugis, Arab dan Cina lebih diutamakan. Keterampilan dalam bidang komputasi juga memiliki nilai lebih.

Bank Dunia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap keragaman latar belakang para pelamar dan seluruh pegawai Bank Dunia. Untuk itu, Bank Dunia menginginkan warna keberagaman pelamar, terlebih pelamar wanita. Tujuannya, tak lain, adalah untuk merekrut dan mempekerjakan talenta-talenta terbaik dari berbagai belahan dunia.

 

Catatan Tambahan

Program Magang Bank Dunia ini secara umum mencari pelamar untuk Unit Operasi (Front Line) yang meliputi: unit ekonomi, keuangan, pengembangan manusia (kesehatan masyarakat, pendidikan, nutrisi, kependudukan), ilmu sosial (antropologi, sosiologi), pertanian, lingkungan, teknik, perencanaan tata-kota, pengelolaan sumber daya alam, pengembangan sektor swasta, dan bidang terkait lainnya.

Di samping itu, Bank Dunia juga membutuhkan pelamar untuk ditempatkan pada unit-unit yang terhubung dengan dukungan perusahaan lain seperti pada unit Akuntansi, Komunikasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, dan lainnya).

Bank Dunia menggaji (yang dihitung per jam) semua pekerja magang dan memberikan tunjangan perjalanan sampai $3.000. Umumnya, magang dijalankan sekurangnya dalam waktu empat minggu.

 

Kesempatan Magang

Bank Dunia memberikan kesempatan magang 2 kali setahun, dengan rincian periode:

  • Summer Intership (Magang Musim Panas). Berlangsung antara Mei sampai September, dengan masa pendaftaran antara awal Desember dan berkahir pada minggu keempat awal bulan tahun sesudahnya.
  • Winter Intership (Magang Musim Dingin). Biasanya antara November hingga Maret, dengan jangka pendaftaran berlangsung selama bulan Oktober setiap tahunnya.

Pengajuan dilakukan secara daring (online) yang tersedia pada laman resmi. Bank Dunia tidak menerima pemberkasan secara manual dan surel (email).

Pemegang visa jenis J1 harus segera ditukar dengan jenis G4 sebelum jadwal magang dimulai, atau Anda akan magang tanpa diberikan gaji/upah.

 

Proses Pendaftaran

  1. Formulir Pendaftaran

Siapkan dokumen lamaran Anda secara baik, lalu mulailah meng-input informasi yang diminta dengan benar. Apa saja dokumen yang harus Anda persiapkan?

  • Lembar CV
  • Surat Pernyataan Minat
  • Bukti Pendaftaran
  1. Daftar Pemeriksaan Lamaran

Daftar pemeriksaan lamaran ini dimaksudkan agar Anda memeriksa kembali daftar berkas yang sudah Anda masukkan.

 

Info Penting Lain

  1. Pastikan PC Anda mengoperasikan Mozilla Firefox, Google Chrome, Apple, Internet Explorer 10, Safari, atau versi yang lebih tinggi.
  2. Internet Anda memiliki bandwidth koneksi yang tinggi.
  3. Siapkan email aktif.
  4. Pengunggahan lamaran hanya dilakukan dalam satu sesi. Jadi, usahakan dokumen atau berkas Anda sudah lengkap sebelum mendaftar.
  5. Pengisian data dilakukan paling lama 90 menit. Jika tidak, Anda akan dikenai timeout.
  6. Siapkan nomor telepon aktif.
  7. Sebelum lamaran Anda layangkan, siapkan berkas-berkas berikut untuk diunggah:
  • Berkas CV
  • Surat Pernyataan Minat
  • Bukti Pendaftaran

Catatan: Ukuran maksimal setiap berkas adalah 5 MB, dengan memiliki salah satu format berikut; .docx, .doc, atau .pdf

Setelah semua berkas terunggah, kini Anda tinggal menunggu informasi lanjutan terkait dengan kelulusan Anda. Dalam masa penantian ini, Anda tidak mendapatkan perkenan untuk mengedit atau mengganti file/berkas yang sudah Anda unggah.

 

Akhirul Kata

Demikian info penting terkait short course shorlarship for Indonesian yang dapat Anda coba. Siapa tahu Anda adalah salah satu dari sekian kandidat yang dikehendaki oleh Orange Knowledge Programme atau The World Bank Insternship Program.

Salam sukses!

 

beasiswa orange knowledge course magang magang bank dunia orange knowledge short course short course scholarship

Related Post

Leave a reply