Salah Top Skor Liga Inggris, Liverpool Inkonsisten

438 views

Sampai dengan pekan ke-10, top skor liga Inggris dipegang oleh Mo Salah. Pemain Liverpool ini menjadi pemain tersubur dengan 10 gol.

Salah Top Skor Liga Inggris

Foto @unsplash.com

Di posisi kedua ada Jamie Vardie dengan 7 gol, dan posisi 3 diisi oleh dua pemain, yakni Michail Antonio (West Ham United) dan Sadio Mane (Liverpool) yang masing-masing mengoleksi 6 gol.

Di posisi ke lima, punggawa MU menempati slot terbanyak, yakni mega bintang Cristiano Ronaldo (CR7), Bruno Fernandes, dan Mason Greenwood. Mereka bersaing dengan tujuh pemain lain yang sama-sama baru melesakkan 4 gol ke gawang lawan.

Berikut daftarnya:

  1. 10 gol : Mo Salah (Liverpool)
  2. 7 gol : Jamie Fardie (Leicester City)
  3. 6 gol : Michail Antonio (West Ham United), Sadio Mane (Liverpool)
  4. 4 gol : Cristiano Ronaldo (MU), Bruno Fernandez (MU), Mason Greenwood (MU), Callum Wilson (New Castle United), Diogo Jota (Liverpool), Ismailia Sarr (Watford), Maxwel Cornet (Burnley), Son Heung-min (Tottenham Hotspurs), Emerick Aubameyang (Arsenal), Reese James (Chelsea), dan Neal Maupay (Brighton).

Menilik daftar top skor liga Inggris di atas, pemuncak top skor Mo Salah terlihat sangat perkasa. Dia membajak 3 jarak gol dengan posisi runner up. Kalau dalam pekan-pekan ke depan Salah tetap bugar dan tim berada pada level peak performance sebagaimana saat menenggelamkan MU, bukan tidak mungkin Salah akan terus menambah jumlah koleksi gol dan menasbihkannya sebagai top scorer Liverpool sebagaimana pada musim 2019-2020 silam.

Persoalannya adalah: bisakah Liverpool bertahan atau mempertahankan level permainan mereka?

 

Virgil Van Dijk, Vitalitas, dan Taktik

Laman resmi The Reds melansir, kekalahan ini merupakan akibat dari absennya sang kapten asal Belanda Virgil Van Dijk. Lubang pertahanan Liverpool menganga lebar, dan itu sama sekali tidak bisa ditambal hanya dengan menggeser posisi Fabiano ke belakang, sebagaiman percobaan yang dilakukan pelatih Juergen Klopp. Fabiano memang bermain yang cukup berhasil pada posisi Devensive Midfielder, namun ia tetap tak cukup bertenaga jika beroperasi penuh sebagai centre-back (bek tengah).

Absennya Van Dijk juga membuka memori fans The Reds pada hasil buruk kompetisi dalam rentang Januari-Februari lalu. Saat itu, Liverpool dipaksa menelan hasil kurang baik, dengan angka kebobolan yang melesat jauh ke atas. Dalam perspektif ini, maka peran vital Van Dijk di tak dapat disangkal di lini pertahanan.

Sedangkan, di lain pihak, perannya sebagai kapten tim juga turut memengaruhi daya juang dan mentalitas pasukan Merseyside. Laman resmi klub mengungkit kedua masalah ini dalam laporan di laman resmi yang terbit hanya beberapa menit setelah Liverpool ditahan imbang Brighton.

Kekalahan ini pun memukul emosi pelatih Juergen Klopp. Dengan emosional Klopp berujar bahwa hasil imbang pada Sabtu petang itu (30/10/2021) serupa dengan kekalahan bagi Liverpool. Bagaimana tidak, seminggu sebelumnya The Reds berhasil menggebuk musuh bebuyutan The Red Devils dengan skor telak, namun seminggu kemudian harus “menyerah” kepada tim papan tengah yang baru promosi ke tangga EPL.

Ketergantungan kepada satu-dua sosok dalam tim menjadi pekerjaan rumah Juergen Klopp ke depan. Tim sebesar Liverpool memang selaiknya sudah memiliki sistem yang mapan, yang membebaskan mereka dari ketergantungan kepada sosok sentral.

 

“Akal” Mantan Punggawa

Adam Lallana, yang kini berseragam Brighton, mengomentari perubahan taktik Klopp yang menjadikan Jordan Henderson sebagai target man saat hendak memasuki paruh kedua second half permainan sebagai langkah blunder. Karena perubahan taktik tersebut, dengan meyakinkan Lallana menyemangati rekan-rekannya bahwa mereka bisa mencuri poin kandang The Reds.

Kepada liverpoolecho.com Lalana mengatakan,

“We played the ball round the back and frustrated them. We changed tactically and I went man to man on Hendo (Jordan Henderson) because he was controlling too much first half.”

Lallana mendapatkan tepukan meriah dari kedua pendukung, saat memasuki dan keluar lapangan. Sebelum berlabuh ke Brighton, Lallana adalah punggawa Liverpool yang mengabdi selama 6 tahun.

liga inggris liverpool salah top skor liga inggris top skor liga inggris

Related Post

Leave a reply