Peluang Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024 Terbuka Lebar

Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Hybernasi –Peluang Timnas U-23 Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 sangat terbuka lebar. Penampilan impresif yang ditunjukkan timnas sejak laga melawan Australia, Jordania, dan kemudian Korea Selatan menjadi modal yang sangat berharga untuk membungkam Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia 2024. Bila Timnas U-23 benar-benar bisa memulangkan tim sepakbola asal Asia Timur ini, sudah dapat dipastikan Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024.

 

Syarat Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Syarat pertama agar Timnas lolos ke Olimpiade adalah dengan mengalahkan Uzbekistan di babak semifinal. Selanjutnya, apapun hasil yang diraih Indonesia di partai puncak sudah tidak memengaruhi lagi lolos tidaknya Timnas ke Paris. Sebab, Asia memiliki tiga wakil yang otomatis lolos, dan satu wakil lagi yang ditentukan lewat laga playoff.

Jadi, Asia berhak mengirimkan empat wakil sepak bola kelompok umur U-23 ini ke Paris. Tiga wakil yang otomatis lolos adalah tim peringkat satu, dua, dan tiga pada Piala Asia 2024.

Seandainya Indonesia gagal mengalahkan Uzbekistan, maka Tim sepakbola kelompok umur besutan Shin Tae-yong ini harus menajalani laga playoff antar-konfederasi. Yakni, melawan perwakilan Afrika, Guinea. Dan seandainya harus melewati laga playoff, tak ada opsi lain bagi Timnas Indonesia U-23 selain kemenangan. Dengan kata lain, kalah di laga playoff adalah hangusnya tiket ke Olimpiade Paris.

 

Melihat Peluang Timnas U-23

Menilik berbagai laga yang sudah dilakoni, Timnas Indonesia memiliki kans yang cukup bagus. Australia adalah tim dengan pengalaman segudang, dan Indonesia mampu mengatasi. Jordania juga bukan tim sepakbola kaleng-kaleng. Mereka adalah semifinalis Piala Asia 2016. Begitupun dengan Korea Selatan yang begitu superior dalam gelaran Piala Asia, dengan nol kekalahan sejak laga pembuka.

Indonesia mampu melewati berbagai tim kuat tersebut. Bahkan, jika melihat performa tim di lapangan, Timnas Indonesia secara umum mampu menguasai penguasaan bola pada setiap laga yang dimainkan. Timnas Indonesia secara statistik hanya minor saat melawan timnas Australia. Selebihny, saat melawan Jordani dan Korea Selatan, Indonesia selalu leading dalam penguasaan bola dan peluang.

Pengamat dan pelatih futsal yang akrab disapa Coach Justin bahkan secara terbuka menilai, peluang Indonesia untuk mengalahkan Uzbekistan sangat terbuka. Syaratnya, Indonesia harus bermain terbuka, percaya diri, dan meminimalkan kesalahan pemain di lapangan. Pemain harus mengeksekusi instruksi pelatih secara persisten sebagaimana ditampilkan saat melumat Jordania dan memulangkan Korea Selatan.

 

Jadi, bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *