Tips Merawat Kesehatan Gigi secara Alami

411 views

Kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu kunci agar kita tetap percaya diri bersitatap dan berbicara dengan orang lain. Dengan mulut yang segar dan gigi yang putih, kita dapat bertemu dan berbicara dengan siapa saja tanpa harus kuatir akan kehilangan muka.

Merawat Kesehatan Gigi secara AlamiUntuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar kita dapat melakukannya serutin mungkin. Dan, kalau bisa, ia menjadi kebiasaan dalam aktivitas harian.

Dengan begitu juga, keluhan akan penyakit gigi dapat kita tanggulangi sedini mungkin.

Di lain pihak, gigi dan mulut yang sehat tentu secara langsung berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Kenapa? Karena mulut dan gigi adalah tempat di mana makanan yang hendak masuk ke pencernaan dikunyah atau dicerna mula-mula. Kenapa menjaga kesehatan gigi dan mulut itu penting, itulah salah satu alasannya.

Kesehatan gigi berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya semisal telinga, mata, dan lainnya. Dengan begitu, kebersihan gigi dan kesehatan mulut menjadi sebab bagi kesehatan organ lain dalam tubuh kita sehingga menjaga keduanya agar tetap terjaga menjadi amat penting.

Di bawah ini diberikan tips merawat kesehatan gigi secara alami. Dengan perawatan alami, tentu kita tidak perlu menguras isi dompet.

1. Kunyit dapat Memutihkan Tulang Gigi

Barangkali banyak di antara kita yang tidak percaya bahwa kunyit mampu merawat kesehatan gigi. Kandungan curcumin senyawa yang dapat membantu menjaga gigi dari perubahan warna.

Curcumin dalam kunyit bersifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi risiko pembengkakan gusi dan gigi nyeri yang berasal dari gigi yang berlubang. Curcumin juga berkhasiat mengurangi nyeri pada gigi sensitif.

Rupanya pigmen kuning pada kunyit tidak serta merta menguningkan gigi. Pigmen tersebut justru memutihkannya dengan cara alami.

2. Teh Hijau mampu Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi

Kandungan polifenol dalam daun teh hijau adalah yang tertinggi dibandingkan dengan jenis teh yang lain. Jenis polifenol yang terdapat dalam the hijau adalah jenis catechin. Dan jenis catechin yang dimaksud adalah epigallocatechin gallate (EGCG).

Dalam dunia klinis, EGCG ini dikenal bersifat anti inflamasi, antibakteri, dan antivirus. Artinya, kandungan tersebut dapat diperankan sebagai penjaga kesehatan mulut dan gigi.

Orang yang biasa mengonsumsi the hijau di pagi hari umumnya tidak memiliki risiko terhadap penyakit gigi, termasuk pada plak gigi. Dan secara umum kita tahu bahwa mengonsumsi teh hijau di pagi hari dapat menyegarkan bau mulut.

Hayo, siapa yang di pagi hari bau mulutnya menyengat? Maka, teh hijau ini dapat Anda persiapkan di meja sebelum Anda berangkat bekerja atau beraktivitas.

2. Daun Sirih sejak Lama Dimanfaatkan dalam Perawatan Gigi

Sudah tidak asing dengan daun sirih kan? Sejak dulu, di desa-desa daun sirih sudah biasa digunakan untuk kegiatan menyirih. Kegiatan menyirih umumnya dicampur dengan tembakau atau air kapur. Warna tembakau yang kemerahan menyebabkan mulut dan gigi berwarna kemerahan juga.

Namun rupanya, daun sirih ternyata terbukti dapat mempekuat tulang gigi. Banyak penelitian membuktikannya. Selain dapat memperkuat tulang, daun sirih juga dapat membasmi atau membunuhi bakteri dari sisa makanan yang bersembunyi di antara sela gigi.

Karena daun sirih dapat menangkal bakateri untuk membentuk koloni yang menyebabkan gigi sakit, dengan begitu ia dapat juga menangkal penimbunan sisa makanan yang menyebabkan plak gigi.

Yuk, biasakan merawat gigi dengan menguyah daun sirih.

4. Siwak mampu Menjaga Kesehatan Gigi

Anjuran penggunaak siwak sebetulnya identik dengan umat Islam. Namun, jauh sebelum Islam datang di Timur Tengah, masyarakat Arab sudah terbiasa dengan tradisi yang satu ini.

Yap, betul. Siwak dapat menjaga kesehata gigi secara prima. Karena kandungan siwak yang demikian dahsyat, kini ia sudah dimanfaatkan industri pasta gigi untuk diproduksi secara massal.

Apa saja sih kandungan siwak? Ternyata siwak mengandung sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Dengan begitu, kandungan siwak tidak jauh dari pasta gigi yang kita gunakan saat ini. Namun, dengan menggunakan siwak kita tidak kuatir akan dampak bawaan yang biasa terdapat dalam bahan-bahan produksi industri.

Lebih aman pakai siwak, kan?

Namun, jangan berkecil hati. Dunia industri kita juga bekerja serius agar pasta gigi dapat bermanfaat sebagus mungkin, dengan risiko kecil.

Apa saja sih manfaatn siwak? Siwak rupanya mampu menanggulangi risiko berlubangnya gigi, menguatkan, mencegah bau, mencegah terbentuknya plak gigi, dan mengurangi risiko pembengkakan gusi.

Merawat kesehatan gigi dengan cara alami tentu lebih mudah dan gampang dilakukan. Bahkan, sebetulnya tidak ada yang baru dari paparan di atas, karena bahan-bahan alami tersebut sudah secara turun temurun terwarisi. Barangkali kita saja yang kurang memperhatian warisan lokal.

Makanya, yuk kita lebih melek lagi dengan warisan lokal sendiri.

5. Makanan Asam dan Manis Penyebab Enamel Terkikis

Orang-orang tua kerap berkelakar, misalnya dengan, “jangan terlalu sering makan manisan, nanti giginya berlubang”. Rupanya ini merupakan nasehat yang ampuh.

Kenapa gigi berlubang? Rupanya karena enamel gigi terkikis. Yang menyebabkan enamel gigi tergerogoti hingga menipis adalah makanan asam dan manis yang kita konsumsi. Kedua makanan ini seluruhnya berubah menjadi asam, dan asam inilah penyebab utama enamel gigi.

Membatasi diri dengan dengan mengonsumsi asam dan manis tidak sama dengan tidak mengonsumsi keduanya sama sekali. Anda hanya perlu membatasinya.

6. Air Segar Membersihkan Sisa Makanan

Tak dapat ditampik bahwa air bahan elemneter untuk merawat kesehatan secara keseluruhan, termasuk di dalamnya adalah kesehatan mulut. Meminum air putih dapat merangsang pori-pori gigi, dan dapat mengangkut sisa makanan yang berpotensi menyebabkan menjadi bakteri atau plak. Air putih mungkin terasa hambar, namun dengan mengetahui fungsi dan manfaatnya Anda akan berpikir beberapa kali untuk tidak membiasakan diri mengonsumsinya.

7. Rokok dapat Menguningkan Gigi

Kandungan tembakau berpotensi menguningkan gigi dan menghitamkan bibir. Merokok juga memiliki risiko bawaan yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, usah merokok biar gigi dan bibir Anda tetap alami.

Inilah beberapa tips yang dapat Anda praktikkan secara mudah, gampang, dan murah. Semoga bermanfaat!

gigi kesehatan gigi dan mulut Merawat Kesehatan Gigi Merawat Kesehatan Gigi secara Alami siwak

Related Post

Leave a reply