Info Short Course di Luar Negeri 2022, Yuk Ikuti Infonya

1678 views

Hybernasi.com –Info Short Course. Kursus singkat (short course) memang menawarkan beragam nilai lebih yang mungkin agak sulit dijumpai pada institusi pendidikan yang sama di dalam negeri. Untuk itu, info short course di luar negeri 2022 ini layak Anda baca sampai tuntas!

 

Info Short Course di Luar Negeri

Short course dijalankan pada saat musim liburan panjang, seperti liburan musim panas (summer holiday). Apa tujuannya? Lazimnya, short course di luar negeri diagendakan demi mempertajam skil dan keterampilan, atau untuk mendapatkan skil atau keterampilan baru di luar bidang yang ditekuni sebelumnya.

Namun, tentu tujuan mengambil short course di luar negeri tidak hanya demi mengasah atau mendapatkan keterampilan semata. Terdapat manfaat lain yang barangkali tidak Anda bayangkan:

 

  1. Memperkaya CV atau Resume.

Referensi dalam CV (Curriculum Vitae) dan Resume jelas sangat dibutuhkan untuk melamar pekerjaan (applying jobs). Dengan Resume yang mumpuni, tentu Anda akan mendapatkan prioritas untuk dipertimbangkan lebih jauh.

 

  1. Bersantai sambil belajar

Orang yang terbiasa dalam produktifitas tinggi tentu tak ingin bahwa waktu longgar selama musim liburan hanya diisi dengan bersantai yang nirfaedah. Short course adalah jawaban tepat bagi Anda yang memiliki dana cukup untuk menuntaskan masa liburan sambil memperkaya diri dengan informasi baru, belajar hal-hal lain di luar bidang, dan lainnya.

Menarik, bukan? Coba Anda simak pula uraian: Info Beasiswa Luar Negeri 2022

Nah, untuk memperkaya referensi Anda, berikut ini Hybernasi sajikan beberapa short course di luar negeri yang dapat Anda rencanakan untuk Anda eksekusi di tahun 2022.

 

For Your Information!

Bagi Anda yang memiliki tabungan atau keuangan yang cukup, tentu Anda tidak akan mengalami kendala berarti untuk mengambil short course. Namun, bagi mereka yang terkendala oleh keuangan, tenang, berikut ini juga ditampilkan skema short course yang dapat diambil dari jalur beasiswa juga.

Namun demikian, baik memiliki keuangan memadai atau tidak, Anda pun harus memiliki kelengkapan minimum (minimum requirement) yang secara umum berlaku bagi pelamar short course di luar negeri, semisal;

 

  1. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik

Kemampuan berbahasa biasanya ditandai oleh kepemilikan sertifitas kecakapan berbahasa, seperti IELTS atau TOEFL.

 

  1. Memiliki visa belajar aktif

Jangan sepelekan visa. Sekali pun Anda memiliki segala kebutuhan yang diperlukan untuk lulus tes, namun Anda tidak memiliki visa, jelas bahwa Anda tidak bisa berangkat. Jadi, jika Anda betul-betul merencanakan mengambil short course, segeralah mengurus visa. Atau, jika Anda masih  memiliki visa belajar, silakan tengok kembali masa aktifnya.

 

  1. Mengetahui hubungan diplomatik kedua negara

Yang ini juga jangan dianggap sepele. Jangan sampai Anda sudah bersusah payah memenuhi semua keperluan dan persyaratan untuk berangkat, namun tiba-tiba harus berhenti di tengah jalan. Ya, dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik tidak akan mengirimkan pelajar ke masing-masing negara. Untuk itu, Anda perlu mengecek dan memperbaharui pengetahuan Anda seputar hubungan diplomatik ini, lebih-lebih hubungan diplomatik dengan negara yang hendak Anda tuju.

 

Short Course Luar Negeri Terbaik 2022

 

1. Short Course in UK

UK (United Kingdom) atau dalam bahasa kita, Inggris, memiliki magnet yang luar biasa bagi calon pelamar short course. Bagaimana tidak? Negeri Ratu Elizabeth ini adalah negeri kampiun sepakbola (dengan English Primier Liege), pemilik kejuaraan bulu tangkis tertua All England, dan bermukimnya kampus-kampus nomor wahid seperi Cambridge, Oxford, dan lain-lain.

Dengan kata lain, tak ada kata lain selain: superb! Negeri impian para pelancong ilmu, pengetahuan, dan teknologi.

Di UK, Anda dapat memeroleh kelas short course dari berbagai college dan university (universitas), tentu selain jenjang dan jurusan yang juga beraneka ragam. Namun, secara umum Anda mengantongi dua pilihan berkut;

 

Summer School

Summer School adalah istilah yang berlaku umum di banyak college dan university untuk kegiatan short course musim panas. Musim panas di Inggris memang bertahan agak lama dibandingkan musim-musim lainnya, sehingga banyak institusi pendidikan menyelenggarakan Summer School.

 

Kelas Persiapan IELTS

Bagi Anda yang kemampuan bahasa Inggrisnya rendah, kelas persiapan IELTS ini adalah pilihan yang tepat. Anda berguru kepada para penutur Inggris (English Spokesman) secara langsung. Umum diketahui bahwa bahasa Inggris UK jauh lebih rumit daripada bahasa Inggris-nya US (United States).

Nah, durasi studinya juga bervariasi. Durasi studi sangat ditentukan oleh jenis program yang dipilih. Yakni, ada short course yang hanya berlangsung kurang dari sebulan (dua minggu), ada juga yang berlangsung hingga berbulan-bulan, sampai summer nyaris sampai di penghujungnya.

Begitu pun dengan jenis visa yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris. Untuk visa pelajar short course, pemerintah Inggris Raya mengeluarkan dua jenis visa. Yakni, jika pelamar berusia di bawah 16 tahun, pelamar tersebut hanya diizinkan mendapatkan visa yang berlaku maksimal 6 bulan. Sebaliknya, jika berusia di atas 16 tahun, durasi maksimalnya adalah 11 bulan.

Last but not least; pelamar diwajibkan memiliki Letter of Acceptance (LoA) atau Letter of Offer (tanda bukti diterima di college atau university), memiliki biaya yang cukup selama tinggal di Inggris, dan mengetahui batasan-batasan yang mengikat pada visa seperti visa pelajar tidak bisa diperpanjang dan lainnya. Info lebih lanjut soal visa, silakan kunjungi laman resminya di sini.

Untuk info short course in UK lebih lanjut, silakan Anda eksplorasi di laman ini.

 

2. Stuned Short Course in Netherland

Stuned adalah kepanjangan dari Studeren in Netherland merupakan program pertukaran pelajar (student exchange) antara pemerintah Belanda dengan Indonesia. Program Stuned bertujuan untuk pengembangan keterampilan pegawai (SDM) dari semua jenjang instansi pemerintah Indonesia.

Tak kurang dari 250 pelajar dikirimkan pemerintah Indonesia ke Belanda setiap tahunnya, yang tersebar pada jenjang tailor made training, short course, hingga master course.

Jadi, peluangnya lumayan cukup banyak untuk Anda lewatkan!

 

Kapan Short Course Stuned dibuka?

Setiap tahunnya, Stuned dibuka pada setiap bulan April dan Oktober. Jadi, Anda harus stay tune dengan bulan-bulan tersebut.

 

Apa saja persyaratannya?

Jika mengacu ke tahun-tahun sebelumnya, khusus untuk program short course beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi adalah:

  1. Pelamar adalah WNI (dibuktikan dengan KTP/Paspor yang masih berlaku).
  2. Memiliki LoA (Letter of Acceptance/Surat Tanda Diterima) dari salah satu kampus tujuan Stuned di Belanda. Di dalam LoA tersebut biasanya telah tercantum; jenis program, masa pembelajaran, hingga biaya short course.
  3. Memiliki Ijazah D-IV (Diploma Empat) atau yang setara, dengan minimum IPK 3.00.
  4. Memiliki sekurangnya 2 tahun pengalaman kerja (pasca kelulusan dari D-IV).
  5. Mendapatkan persetujuan atasan tempat pelamar bekerja. Berkasnya dapat diunduh di website resmi Stuned.
  6. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat IETS.
  7. Menyertakan Resume yang ringkas dan padat, dan lain-lain.

 

Berapa lama durasi Short Course Stuned?

Umumnya 2-12 Minggu

Untuk informasi termutakhir terkait syarat dan lain-lain, silakan kunjungi laman “Study in Holland

 

3. AAS Short Course

AAS (Australian Award Scholarship) adalah salah satu beasiswa (scholarship) paling bonafide, prestisius, dan terpopuler di Tanah Air. AAS telah melahirkan ribuan alumni yang berkiprah dalam banyak bidang di Indonesia.

Dan oleh karena alumni yang begitu melimpah, akses kepada AAS pun kian mudah didapatkan, juga infonya tersiar di pelbagai pengumuman di pelbagai perguruan tinggi. Selain itu, pemerintah Australia juga nyaris rutin setiap tahun mengadakan Australian Educational Fair (Bazar Pendidikan Australia) di kota-kota besar di Indonesia.

Nah, sekalipun awalnya AAS hanya mendanai program beasiswa master (S-2) dan doktoral (S-3), kini AAS juga merambah short course yang sama-sama full funded (pembiayaan penuh).

Nah, bagaimanakah info AAS Short Course 2022 lebih jauh? Simak betikut ini.

 

Masa Pendaftaran

Mengacu pada masa pendaftaran tahun 2021, untuk AAS Short Course 2022 akan dibuka kembali pada bulan April 2022 mendatang.

 

Syarat Umum Pelamar

  1. Pelamar merupakan penduduk tetap pada Area Fokus Geografis (Geographic Focus Areas), yang meliputi Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Timur Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.
  2. Pelamar mendapatkan rekomendasi dari Kedutaan Besar Australia yang berkedudukan di Indonesia.
  3. Pelamar adalah pegawai instansi pemerintah, mulai dari instansi di pusat, provinsi hingga daerah.

 

Bidang Studi Short Course

  1. Coursework (Tugas Kuliah)
  2. Research (Penelitian)
  3. Combination (Kombinasi antara Coursework dan Research)

 

Pemerintah Australia telah mengeluarkan selebaran terkait dengan syarat-syarat lain yang harus dipenuhi oleh pelamar pada program AAS Short Course. Jika Anda tertarik menyimak selebaran short course AAS periode 2022 untuk dijadikan referensi pendaftaran masa studi AAS short course 2023, silakan klik tautan berikut ini.

 

Akhirul Kata

Semoga Info yang sedikit bermanfaat untuk Anda. Good Luck!

aas short course hubungan diplomatik luar negeri mengambil short course musim panas short course short course adalah

Related Post

Leave a reply