Info Beasiswa Luar Negeri 2022, Catat Tanggal Pentingnya

625 views

(Bagian II)

 

Hybernasi.com –Info Beasiswa. Memasuki babak akhir 2021 dan menjelang awal 2022, Anda perlu mencatat beberapa tanggal penting terkait info beasiswa luar negeri 2022. Bagaimana pun juga, informasi beasiswa ini akan sangat bermanfaat apabila Anda benar-benar tak ingin ketinggalan informasi.

Info Beasiswa Luar Negeri 2022, Catat Tanggal Pentingnya

Dengan melimpahnya informasi beasiswa di kanal online, Anda harus memiliki catatan khusus agar Anda memiliki pengingat (reminder) yang dapat Anda buka sewaktu-waktu. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keterlambatan info, atau hal-hal terkait kelalaian lainnya.

Banyak pemburu beasiswa yang akhirnya mengeluh dan mengelus dada karena mereka telat melakukan sesuatu, atau mereka melalaikan suatu tahapan penting yang mestinya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Padahal, info beaiswa luar negeri 2022 dapat mereka temukan dengan mudah.

Selain itu, mencatat tanggal-tanggal penting itu urgen dilakukan, karena kerap kali pihak sponsor beasiswa mengadakan perubahan jadwal atau tanggal secara mendadak. Nah, biar hal tersebut tidak menimpa Anda, maka sebaiknya Anda segera melakukan pencatatan.

Halaman yang berisi info beasiswa luar negeri 2022 di bawah ini hanya bertujuan memberikan info beasiswa alternatif, katakanlah semacam summary yang dapat Anda rujuk manakala Anda butuh info beasiswa sewaktu-waktu.

FYI, senyampang berburu beasiswa, tak ada salahnya jika Anda juga mencari-cari info short course di luar negeri. Siapa tahu, info short course di luar negeri tersebut dapat menjadi pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan manakala beasiswa 2022 buruan Anda tak kunjung menemukan titik temu.

Berikut ini daftar info beasiswa terpopuler tujuan luar negeri untuk pelajar indonesia.

 

5 info beasiswa luar negeri 2022

1. Beasiswa Pertukaran Pelajar (Short Course) YSEALI

Beasiswa YSEALI adalah beasiswa pertukaran pelajar yang dimaksudkan untuk melahirkan pemimpin-pemimpin muda masa depan di kawasan Asia Tenggara yang memiliki ketajaman pemahaman pada Amerika Serikat (The United States). Di samping itu, beasiswa YSEALI juga bertujuan untuk mencetak pemimpin yang memiliki kedalaman kepemimpinan (leadership) sesuai dengan garis-garis besar visi yang ditetapkan oleh YSEALI sendiri.

 

Tenggat Pendaftaran:

8 November 2021

 

Kualifikasi:

  • Semua pelajar yang berasal dari negara anggota YSEALI (mencakup Asia Tenggara) berumur 18-25 tahun, dan mendaftar selambat-lambatnya 5 (lima) tahun setelah kelulusan.
  • Memiliki kecapakan berbahasa Inggris yang ditunjukkan/didemonstrasikan di muka tim penguji independen YSEALI (TOEFL, IELTS, atau yang sejenis TIDAK BERLAKU).
  • Mahasiswa Strata Satu (S1) penuh, atau lulusan S1 yang belum genap 5 tahun sejak kelulusan.
  • Memiliki latar belakang kepemimpinan yang kuat, baik di saat menjadi mahasiswa maupun sebagai pekerja. Jika masih berstatus mahasiswa, dia aktif di organisasi; dan jika sudah bekerja, dia menunjukkan skil kepemimpinan di lingkungan kantornya.

Inilah syarat-syarat pokok yang harus dimiliki calon pengaju. Adapun hal-hal lain terkait, misalnya komitmen pada keseriusan untuk menjalani masa studi, pengabdian pada masyarakat dan kerja sosial lainnya merupakan hal lumrah yang lazim Anda temukan dalam program-program beasiswa berbasis pemberdayaan masyarakat.

Untuk lebih jelas dan spesifiknya, silakan klik di sini.

 

2. Beasiswa Fulbright

Pelajar atau mahasiswa dari kawasan Asia Tenggara mendapatkan kesempatan besar untuk studi di luar negeri, dengan pembiayaan penuh dari pihak sponsor beasiswa. Kesempatan ini diberikan oleh The Fulbright US-ASEAN Visiting Scholar Program, atau beasiswa Fulbright.

Secara global, alumni beasiswa Fulbright sudah mencapai ratusan ribu. Dan setiap tahunnya masih terus menyalurkan beasiswa kepada 7500an penerima. Beasiswa Fulbright menawarkan aneka skema atau jenis beasiswa, misalnya Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain, Fulbright Presidential Scholarship.

 

Apa saja yang Ditawarkan?

Beasiswa Fulbright memberikan living allowance (biaya hidup) sekira USD. 5000, dan lab and research fees (biaya penelitian) sebesar USD. 3000. Cukup besar bukan? Bila Anda lulus beasiswa ini pastilah banyak sisa yang masih bisa diandalkan untuk kembali ke Indonesia.

 

Kualifikasi Pendaftar

Secara umum, tidak ada perbedaan mendasar dengan kualifikasi beasiswa luar negeri pada lembaga atau sponsor beasiswa yang lain. Namun, beasiswa Fulbrigh memberikan beberapa penekanan pada beberapa hal, seperti:

  • Bersedia kembali ke Indonesia
  • Memiliki rekam jejak kesarjanaan atau profesionalisme yang mumpuni, yang ditunjukkan lewat penerbitan artikel dalam jurnal berkualifikasi internasional dan lain sebagainya.

 

Tenggat Pendaftaran

12 November 2021

 

Untuk info beasiswa Fulbright versi lengkap, silakan kunjungi laman: www.aminef.or.id

 

3. Beasiswa International Relations

Beasiswa International Relations (Full International Relations Scholarships) dari Australian National University, Australia, berdurasi 4 semester, dan hanya untuk level master (Master Degree only). Sesuai dengan tema beasiswanya, beasiswa ini hanya diperuntukkan pada jurusan Internatioanl Relations.

Beasiswa ini akan ditutup pada 11 November 2021. Namun, terkait perubahan jadwal dan hal lainnya, silakan kunjungi laman resmi kampus: www.anu.edu.eu

 

4. Beasiswa Asian Development Bank

Beasiswa ini kerap disebut sebagai Asian Development Bank (ADB) Scholarship dan ditempatkan di Keito University. Pelamar yang memiliki rekam jejak pekerjaan profesional lebih diutamakan. Beasiswa ini bersifat full faunded (beasiswa penuh) yang meliputi biaya hidup, kuliah, dan lainnya.

Studi ditempuh dalam 4 semester (dua tahun), dan usia pelamar saat mendaftar adalah maksimal 35 tahun. Sponsor beasiswa juga mensyaratkan bahwa penerima beasiswa harus bersedia kembali ke negara asal secepat setelah kelulusan.

 

Siapa saja yang dapat Melamar?

  • Pelamar adalah pemilik ijazah sarjana atau yang setara, dan berasal dari negara anggota Asian Development Bank.
  • Memiliki kecapakan dalam berbahasa inggris (bicara dan tulis) lebih diutamakan, dan
  • Bukan orang yang sedang memiliki ikatan kerja profesional dengan pihak Asian Development bank

 

Tenggat Pendaftaran:

26 November 2021

 

Untuk info beasiswa lebih lanjut, silakan kunjungi: www.st.keio.ac.jp.

 

5. Beasiswa Penuh KAUST

KAUST (King Abdullah University of Science and Technology) scholarship membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada para pelamar beasiswa sepanjang tahun. Karena beasiswa ini bersifat full funded, maka pihak sponsor membiayai seluruh keperluan penerima beasiswa secara penuh; mulai dari biaya hidup, pendidikan, penelitian, dan lainnya.

King Abdullah University of Science and Technology Scholarship menerima program master (S2) dan doktoral (S3) untuk semua jurusan yang berada pada KAUST.

 

Cakupan dan Syarat Beasiswa

Beasiswa ini tidak terbatas hanya untuk negara-negara tertentu, dan tidak terbatas hanya untuk S2 dan S3 saja. Jadi, siapa saja boleh mendaftar, asalkan memenuhi persyaratan. Selain itu terdapat hal-hal yang patut diperhatikan.

  • Memiliki kecapakan berbahasa Inggris, dengan sekurangnya mendapatkan nilai 79 untuk TOEFL IBT dan 6.0 untuk IELTS.
  • Memiliki sekurangnya 3 surat rekomendasi
  • Tidak dipersyaratkan memiliki GRE (Graduate Record Examination). Namun, memilki GRE merupakan nilai plus.

 

Tenggat Pendaftaran:

16 Desember 2021

 

Agar mengetahui lebih jelas terkait info beasiswa dan apa saja yang mesti dilakukan sebelum mendaftar, silakan berselancar di: admissions.kaust.edu.sa.

 

Kata Pamungkas

Berburu beasiswa sama sulitnya dengan melengkapi berkas atau dokumen yang diperlukan untuk melayangkan aplikasi. Untuk itu, Anda harus memiliki kesabaran yang cukup untuk sampai pada tujuan akhir Anda.

Info beasiswa luar negeri 2022 ini hanyalah pemandu, yang barangkali masih jauh dari kata cukup -alih-alih sempurna. Kritik dan saran sangat dinantikan agar ke depan saya dapat menulsikannya dengan lebih baik dan lebih mendalam. Salam sukses!

Asian Development Bank Scholarship beasiswa 2022 Beasiswa Fulbright ielts info beasiswa luar negeri 2022 KAUST Scholarship Short Course YSEALI toefl

Related Post

Leave a reply