Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Online 2022, Ikuti Langkah-Langkah Berikut!

519 views

Hybernasi.com –Kartu Prakerja. Sampai dengan dibukanya kartu pra kerja yang ke-24, banyak di antara kita yang masih belum mengetahui seluk-beluk pendaftaran prakerja. Oleh sebab itu, kali ini Hybernasi akan berbagi informasi mengenai cara mendaftar kartu pra kerja online. Yuk, baca dengan seksama alur-alur pendaftarannya biar tidak kesasar.

 

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Online

Pada Kamis tanggal 17 Maret 2022 pukul 10:30 pagi, pendaftaran kartu pra kerja online resmi dibuka. Pembukaan Kartu prakerja pada bulan ke Maret 2022 ini adalah kartu prakerja gelombang 24. Kabar baiknya, prakerja gelombang 24 menyediakan kuota hingga 300.000. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dalam konpres pada Selasa (15/3/2022).

Pada program prakerja gelombang 24 ini sebetulnya terjadi penurunan angka penerimaan peserta. Namun begitu, komitmen Pemerintah terhadap besaran insentif tidak akan dikurangi.

Sebagai informasi: Program prakerja adalah program kerja nasional Pemerintah pusat, yang bertujuan sebagai media pengembangan skil dan kompetensi kerja dan kewirausahaan para pencari kerja. Para peserta program prakerja akan diberikan insentif dengan total 3,55 juta yang dicairkan secara bertahap.

Penerima Kartu Prakerja ialah pihak yang dinyatakan lulus tes pada seleksi tiap gelombang program prakerja. Dengan demikian, penerima Kartu Prakerja adalah pihak yang berhak menerima bantuan atau insentif agar dimanfaatkan sebagai modal untuk memilih jenis pelatihan yang dikendaki. Persisnya, insentif tersebut adalah intensif dalam bentuk saldo nontunai yang tercatat pada platform digital dan peserta diberikan keleluasaan penggunaannya untuk membeli dan membayar jenis pelatihan yang peserta atau penerima kartu prakerja kehendaki

 

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja Online

Melalui informasi yang terdapat pada akun medsos Instagram Kartu Prakerja, calon peserta dapat mengakses laman situs Prakerja mulai Kamis (17/3/2022) pukul 10:30.

Mumpung waktu yang tersedia masih cukup longgar, yuk perhatikan alur dan cara mendaftar kartu pra kerja online berikut ini.

 

Langkah Pertama

  • Kunjungi laman www.prakerja.go.id
  • Klik menu daftar sekarang
  • Isikan email dan password
  • Klik menu daftar
  • Pendaftar akan diminta untuk membuka email. Lalu buka email, dan lakukan langkah verifikasi via email tersebut.

 

Langkah Kedua

  • Verifikasi data KTP, yakni dengan melengkapi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir pendaftar
  • Pilih Lanjut
  • Lengkapi data diri dengan detail
  • Perhatikan lagi bahwa nama diri telah sesuai, dan nama ibu kandung telah sesuai KK. Jika terdapat data yang tidak sesuai, silakan hubungi Dukcapil via email [email protected], telepon 1500437, atau WhatsApp dan SMS ke 08118005373
  • Unggah foto KTP (ikuti ketentuan pengunggahannya agar mudah terverifikasi)
  • Masukkan nomor HP, lalu verifikasi, dan klik Kirim
  • Inputkan kode OTP yang masuk melalui SMS ke HP pendaftar, kemudian ketuk Verifikasi
  • Lengkapi kolom bagian Pernyataan Pendaftar, lalu klik Oke
  • Rampungkan tes motivasi dan kemampuan dasar (dengan memencet Mulai Tes);
  • Pilih gelombang sesuai dengan alamat domisili, dan pencet Gabung;
  • Selanjutnya lengkapi surat Persetujuan Prakerja, pencet Saya Menyetujui. Selesai.

Nah, yang tak boleh Anda lewatkan dan mesti Anda baca di awal adalah syarat-syarat pendaftaran Prakerja.

 

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Bagi Anda yang serius hendak mendaftar program ini, inilah beberapa syarat daftar kartu prakerja yang harus Anda penuhi:

  • Pendaftar adalah WNI minimal berusia 18
  • Tidak sedang dalam pendidikan formal
  • Bukan merupakan penerima bantuan (khususnya selama pandemi COVID-19)
  • Bukan Pejabat Negara (Anggota DPRD, Kepala Desa, Prajurit TNI, Anggota Polri, perangkat desa, dan ASN, dan pejabat BUMD atau BUMN)
  • Sedang mencari/membutuhkan pekerjaan, terkena PHK, atau sedang membutuhkan penajaman skil atau keterampilan kerja
  • Calon Penerima Kartu Prakerja (dalam 1 KK maksimal 2 NIK)

Berikut ini adalah persoalan-persoalan yang kerap menimpa para pendaftar atau pelamar program kartu prakerja yang sering ditemui, misalnya pemalar tak kunjung menerima email verifikasi kartu prakerja dan pelamar prakerja yang mengalami kegagalan lolos sampai tiga kali.

Terus disimak, ya.

 

Cara Verifikasi Email Prakerja

 

Setelah Anda berhasil masuk ke laman website/situs dan mendaftar Program Prakerja secara online, kadangkala terdapat masalah pada tahap verifikasi email. Misalnya, email verifikasi yang tidak kunjung masuk ke inbox email Anda. Anda tidak perlu panik jika mengalami masalah tersebut.

Berikut ini beberapa cara verifikasi email prakerja yang harus Anda perhatikan.

 

1. Pastikan Email yang Dimasukkan adalah Email Aktif

Pada saat Anda mendaftar Kartu Prakerja, pastikan bahwa email yang Anda masukkan adalah email yang aktif. Selain email harus aktif, tentu saja email penulisannya harus benar.

Sebelum Anda mengakhiri atau mengkonfirmasi pendaftaran, Ceklah dengan teliti terlebih dahulu email yang Anda masukkan.

 

2. Cobalah Login ke Akun Email

Untuk mengetahui email Anda masih aktif atau tidak, cara termudah untuk memastikannya adalah dengan login ke akun email tersebut.

Tak jarang, email yang sudah lama tidak dibuka akan non-aktif dengan sendirinya. Apalagi, jika Anda pemakai akun Gmail, kini Gmail memberlakukan sistem verifikasi dua langkah. Dengan kata lain, jika Email Anda non-aktif karena lama tidak dibuka, Anda harus login ke email dengan sistem dua langkah tersebut.

 

3. Cek Spam Mail

Bila Anda tidak menemukan email verifikasi Prakerja pada inbox email, maka tengoklah pada bagian Spam Mail. Atau, dan ini yang lebih mudah, Anda klik menu All Mails. Pada menu All Mails ini semua email masuk akan terlihat.

Namun, kadang juga Anda harus menunggu beberapa menit hingga satu atau dua jam agar email verifikasi masuk ke inbox email Anda. Itu tak lepas dari traffic situs yang meningkat tajam dalam waktu bersamaan, dan otomatis situs Prakerja dipaksa bekerja lebih lamban. Dan di samping situs yang melamban, balasan verifikasi email pun turut melamban.

 

4. Saatnya Verifikasi Email

Setelah email verifikasi Anda terima, segeralah untuk melakukan verifikasi. Biasanya, dalam email verifikasi terdapat tulisan Verifikasi Email Sekarang. Anda klik bagian ini, dan Anda pun sudah melakukan verifikasi email.

Pada saat Anda mengklik Verifikasi Email Sekarang, Anda akan langsung diarahkan ke laman Dasboard Prakerja. Jika verifikasi berhasil, di situ akan ada ucapan selamat. Lalu, silakan Login kembali untuk melakukan input data lebih lanjut.

 

5. Kontak Call Center

Bila persoalan verifikasi email kartu prakerja belum kunjuk masuk ke inbox email Anda, sebaiknya Anda sesegera mungkin menguhubungi pihak Call Center Kartu Prakerja.

Nomor yang dapat Anda hubungi adalah 08001503001, dengan jam pelayanan antara pukul 08:00-20:00 WIB.

Persoalan verifikasi email kartu prakerja, khususnya dalam masa-masa pendaftaran, terkadang menjadi masalah tersendiri yang agak rumit. Dan kerap pula ketidaksiapan situs untuk menampung jumlah traffic yang melimpah menjadi persoalan mendasar. Untuk itu, selain dibutuhkan kesabaran, Anda juga harus melakukan usaha-usaha yang diperlukan.

Apakah ada persoalan lain yang lazim menimpa calon pelamar kartu prakerja? Persoalan lain yang tak kalah urgen adalah persoalan kegagalan memeroleh kelulusan.

Program Kartu Prakerja ini memang disediakan Pemerintah Pusat (lewat Kementerian Ketenagakerjaan) untuk para pencari kerja atau mereka yang membutuhkan penajaman skil dan keterampilan. Siapa pun boleh mendaftar asalkan berumur di atas 18 tahun. Namun, Pemerintah juga memberlakukan aturan bahwa calon peserta hanya boleh gagal sampai 3 kali. Di atas 3 kali kegagalan, calon peserta harus membuat semacam surat permohonan agar dapat mengikuti seleksi kembali pada saat Program Prakerja dibuka.

 

Cara Kirim Surat Pernyataan Prakerja

Sekali lagi, cara ini wajib Anda lakukan manakala Anda mengalami kegagalan lolos sampai tiga kali. Surat Pernyataan Prakerja yang Anda buat nantinya Anda kirimkan ke Manajemen Pelaksana Prakerja. Berikut ini cara kirim surat penyataan prakerja yang harus Anda kerjakan.

Tatacara pembuatan surat pernyataan tersebut adalah:

  • Tulislah Surat Pernyataan Gagal Lolos, dengan Kepala Surat berbunyi Surat Pernyataan Gagal Lolos Prakerja 3 Kali (disertai materai 6000)
  • Format penulisan Surat Pernyataan Gagal Lolos Prakerja 3 Kali dapat Anda unduh melalui link ini
  • Kirimkan surat pernyataan tersebut ke alamat Surel: [email protected]
  • Selanjutnya, pihak Manajemen Pelaksana Prakerja akan menindak lanjuti.

 

Akhirul Kata

Jumlah kuota Kartu Prakerja Gelombang 24 ini memang lebih kecil dari Prakerja Gelombang 23. Namun, Anda jangan patah semangat. Yang penting, Anda daftar dulu, urusan diterima atau tidak adalah urusan belakangan.

Semoga sukses!

cara mendaftar kartu pra kerja online cara verifikasi email prakerja daftar kartu prakerja inbox email kartu pra kerja kartu prakerja kerja online pendaftaran prakerja penerima kartu pra kerja penerima kartu prakerja pra kerja online prakerja program prakerja surat pernyataan gagal lolos

Related Post

Leave a reply