Apa yang Dimaksud dengan Hidup Sehat? Ini Penjelasannya

apa yang dimaksud dengan hidup sehat

Hybernasi.com –Hidup sehat adalah impian banyak orang. Hidup sehat adalah jaminan yang dapat memberikan kepastian bahwa hidup berada di jalur yang benar, yang memastikan pula bahwa kita bakal dijauhkan dari berbagai jenis ancaman hidup yang terus merangsek dan mengintai kita saban sepersekian mili detiknya. Lalu, sebetulnya apa yang dimaksud dengan hidup sehat itu sendiri? Jawabannya ada di sini. Penulis berusaha memberikan jawaban dari sudut pandang umum yang berlaku sejak lama dalam kehidupan masyarakat kita.

 

A. Apa yang Dimaksud dengan Hidup Sehat?

Hidup sehat adalah persenyawaan antara faktor fisik dan psikis. Secara fisik, orang dinyatakan sehat manakala dia tidak menderita atau menunjukkan gejala sakit menurut pandangan klinis. Sementara, sehat psikis ditunjukkan oleh pikiran, emosi, dan ruhani yang bekerja atau berfungsi secara wajar (H.L. Blum, 1974: 41).

Dalam pandangan Blum, dengan demikian, hidup sehat tidak serta merta hanya melibatkan keadaan fisik atau yang bersifat badaniah semata. Hidup sehat melibatkan keadaan psikis, mental, atau rohani yang bekerja secara normatif sebagaimana layaknya orang-orang pada umumnya. Fisik yang sehat namun tidak ditunjang oleh psikis yang juga sehat, itu bukan definisi hidup sehat. Dengan kata lain, absennya salah satu dari kedua faktor itu sama dengan belum terpenuhinya pengertian apa yang dimaksud dengan hidup sehat.

Lalu, bagaimana cara memperoleh hidup yang sehat? Apa saja yang harus ditempuh untuk mempertahankan hidup sehat? Uraian-uraiannya akan dihadirkan dalam paragraf-paragraf di bawah.

 

B. Budaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat ini barangkali terdengar agak klise. Bagaimana, sih, kok hidup sehat saja harus dibudayakan? Bukankah hidup sehat ini adalah sebuah pola yang kita bentuk sendiri?

Memang, hidup sehat tak seharusnya disandingkan dengan kata “budaya”. Sebab, hidup sehat itu sejatinya adalah kebutuhan pokok manusia. Dia tidak datang sebagai kalimat perintah dari atasan. Juga, tidak dapat sebagai sebuah anjuran yang datang dari sejawat di kantor atau kolega di tempat kerja. Hidup sehat adalah semacam kebutuhan asasi yang hanya manusia secara orang per orang yang dapat mengatur atau merencanakannya secara matang.

Betul bahwa di tempat pertama hidup sehat itu adalah kebutuhan masing-masing kita. Gaya hidup sehat itu, tanpa mendapat instruksi atau anjuran pun, akan kita rencanakan dan kembangkan sendiri.

Namun, seiring dengan kemajuan dan percepatan di segala lini kehidupan, pola hidup sehat ini kini mulai beringsut dan kurang mendapatkan perhatian. Orang, dengan kata lain, bahkan sering kali lupa dan lalai bahwa hidup yang sedang dijalaninya sedang menuju ke jurang degradasi kesehatan yang serius, tanpa pernah disadari sepenuhnya, dan tanpa ada keinginan hendak “bertaubat”. Baru, setelah mendapatkan berbagai serangan penyakit, kita lalu menyadari bahwa gaya hidup yang sedang kita jalankan adalah pola hidup yang keliru, yang justru menjerumuskan kesehatan kita sendiri.

Budaya hidup sehat harus ditegakkan justru karena kita memang sering lalai dan lupa itu. Budaya adalah soal kebiasaan yang terpola dan dilakukan secara serempak bersama-sama dalam suatu lingkaran sosial tertentu. Budaya hidup sehat yang sudah well-established akan jadi pemicu dan pendorong untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang memang dibutuhkan oleh tubuh fisikal kita yang sebagian besar tenaganya sudah habis memikirkan karir dan pekerjaan.

Untuk itu, masih menurut Blum, pribadi yang sehat itu umumnya berada atau hidup dalam lingkungan keluarga, sosial, dan habitat pertemanan yang juga sehat menurut sudut pandang hidup sehat.

 

C. Pola Hidup Sehat

Bagaimana, sih, supaya kita memiliki pola hidup sehat? Terdapat beberapa tips dan anjuran yang dapat kita jalankan untuk menuju ke sana. Lihat beberapa tips berikut ini.

 

1. Pola Konsumsi Makanan dan Minuman

Cara menjaga hidup sehat itu dimulai dari pola konsumsi makanan dan minuman. Di tengah serbuan budaya makanan dan minuman yang serba fast food, godaan terbesarnya adalah ada pada keinginan yang kerap tak terbendung. Mungkin juga kita sebetulnya sudah benar-benar menjaga jarak dari produk-produk fast food, namun kolega di kantor atau atasan yang kerap mengadakan rapat di resto-resto cepat saji yang menjadikan kita harus mengalah pada keadaan.

Untuk menjaga hidup agar tetap sehat, konsumsilah makanan dan minuman yang bergizi tinggi dan belum tercampur dengan bahan pengawet atau bahan-bahan kimiawi yang lain. Makanan dan minuman yang sudah tercampur dengan bahan-bahan kimia sudah terbukti membawa bibit penyakit di masa depan. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut sebelum terlambat.

 

2. Pola Istirahat

Tak kalah penting dari pola konsumsi makanan dan minuman di atas adalah pola istirahat. Kenapa pola istirahat itu penting? Sebab, pola istirahat akan membantu mengurangi beban organ tubuh dari aktivitas yang berada di luar kapasitasnya.

Tubuh yang cepat kecapaian, lemas, dan lesu umumnya disebabkan oleh pola istirahat yang tidak wajar. Dan pola istirahat itu menjadi tidak wajar karena kita menjalankan ritme hidup yang tidak terukur. Jadi, kunci dari pola istirahat itu sebetulnya terdapat dalam irama dan ritme dari tubuh kita. Bisa saja setiap orang memiliki ritme yang berbeda satu sama lain. Namun, secara umum rumusnya sudah kita kenali bersama; kerja 8 jam, istirahat pun 8 jam.

 

3. Giat Berolahraga

Gita berolahraga adalah salah satu bagian terpenting dari usaha menjaga raga dan jiwa agar tetap sehat. Olahraga memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan untuk menjaga stabilitas pergerakan sendi, tulang, dan urat-urat dalam tubuh.

Giat berolahraga juga memicu keringat sehingga tubuh terhindar dari penimbunan lemak secara berlebihan sehingga terhindar dari overweight (obesitas). Olahraga adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan lemak yang tubuh dapatkan dari makanan. Olahraga terutama penting bagi mereka yang memang aktivitas utamanya di dalam ruangan, yang minim pergerakan. Namun, bagi mereka yang aktivitas utamanya di luar ruangan, bertani atau menjadi kuli bangunan misalnya, tentu saja olahraga tidak begitu diperlukan.

 

4. Memperhatikan Kebersihan

Kenapa memperhatikan kebersihan itu bagian dari cara dan pola hidup sehat? Tak lain karena tubuh dan lingkungan yang bersih akan menghindarkan kita dari ancaman kuman atau virus berbahaya. Sebaliknya, hidup dalam lingkungan yang kumuh akan lebih berpotensi terserang berbagai penyakit.

Memperhatikan kebersihan itu terutama dalam lingkaran yang terdekat dengan kita, yakni mulai dari tubuh dan rumah. Biasakanlah untuk menyapu, membuang sampah pada tempatnya, dan mandi secara teratur.

 

5. Rajin Beribadah atau Meditasi

Yang terakhir, rajin beribadah atau meditasi. Barangkali, ini terdengar janggal. Namun jangan keliru. Ibadah dan meditasi itu adalah cara manusia mengembalikan pikiran yang paripurna. Rajin beribadah atau bermeditasi ini adalah upaya menjaga kebugaran psikis, jiwa, dan rohani.

 

D. Penutup

Jadi, apa yang dimaksud dengan hidup sehat? Tak lain adalah bahwa hidup sehat itu berasal dari perkawinan keadaan fisik dan psikis yang sehat. Caranya? Jaga hiduplah menurut pola hidup sehat misalnya dengan menjaga pola makan, istirahat, giat berolahraga, dan seterusnya. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *