9 Tips Lulus Beasiswa Luar Negeri

434 views

Hybernasi.com –Tips Beasiswa. Meraih beasiswa luar negeri merupakan impian banyak orang. Mereka berlomba-lomba mencari info bahkan jauh sebelum pengumuman pembukaan pendaftaran bergulir. 9 tips lulus beasiswa luar negeri berikut patut Anda praktikkan!

Tips Lulus Beasiswa Luar Negeri

Berkuliah di mancanegara memang menjadi incaran tersendiri. Selain beragam fasilitas istimewa dapat diperoleh secara cuma-cuma, ia seakan menjadi standar kepintaran tertentu serta memiliki prestise tersendiri.

Sebelum semuanya terlambat, yuk lakukanlah persiapan-persiapan sehingga semua syarat/kualifikasi dapat dikebut sejak dini. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan.

 

9 Tips Lulus Beasiswa Luar Negeri

Tips 1. Himpunlah Informasi

Pertama-tama, himpunlah informasi beasiswa sebanyak mungkin. Cobalah menghubungi kantor universitas tujuan. Bisa juga dengan menghubungi profesor, penasehat akademis, demikian pun para peraih bantuan belajar terdahulu di mana Anda dapat mengetahui lebih banyak informasi.

Bahkan, bila memungkinkan, jangan hanya berkirim email atau menelepon pihak-pihak yang hendak dikorek informasinya. Langkah ini tidak hanya akan memudahkan profesor dan kantor pusat informasi belajar di luar negeri untuk membantu, namun juga mereka bakal terkesan dengan kemauan, inisiatif, juga tekad calon pelamar. Bagian tersulit mendapatkan info belajar di luar negeri adalah menemukan infomasinya dari orang atau kantor yang tepat. Dengan begitu, pastikanlah untuk bertanya kepada para profesional atau kantor terpercaya.

 

Tips 2. Lakukan Penelitian!

Sebagaimana langkah pertama, berpuas dan merasa cukup hanya berbekal informasi terbatas mesti dihindari. Melimpahnya informasi di internet memberikan kesempatan kita menjelajah aneka ragam info. Hybernasi sudah pula menurunkan postingan penting terkait jenis-jenis beasiswa, tanggal-tanggal penting, serta lainnya. Silakan kunjungi halaman tersebut.

 

Tips 3. Hubungi Pemberi/Sponsor secara Langsung

Cara terbaik untuk mengetahui semua rincian dan seluk-beluk beasiswa yang bakal dilamar, juga persyaratan aplikasi termutakhir, adalah dengan menghubungi penyedia atau sponsor beasiswa secara langsung. Sponsor umumnya memiliki buku panduan yang berisi penjelasa detil berbagai informasi kebutuhan pelamar.

Langkah Ini tidak hanya memastikan bahwa Anda telah memiliki semua informasi yang benar, namun juga sekaligus menunjukkan kepada sponsor atau pemberi beasiswa bahwa Anda adalah orang yang penuh inisiatif dan berani mengambil tindakan.

 

Tips 4. Buatlah Resume

Setelah menyusun daftar beasiswa studi di luar negeri yang direncanakan, sekarang waktunya bekerja keras untuk dapat meraih beasiswa. Buatlah daftar kegiatan. Pendeknya, Buatlah Resume!

Pastikan untuk mendaftar semua pengalaman internasional, perbarui daftar kegiatan yang tidak relevan, dan cobalah untuk tidak melewati satu bagian pun. Menulis Resume akan sangat membantu.

Dalam aplikasi beasiswa, Anda diminta untuk menyertakan Resume, dan kadang-kadang merupakan bagian terpenting dari aplikasi. Karena, kerap kaliResmue menjadi satu-satunya kesempatan untuk menyusun argumentasi mengapa Anda layak atau tidak menerima beasiswa.

Di dalam uraian Resmue, Anda tidak bisa hanya menuliskan pengalaman apa didapatkan jika diditerima. Fokuslah pada bagian rencana masa depan yang hendak Anda bangun setelah menyelesaikan beasiswa tersebut.

Jika pengajuan permohonan dialamatkan kepada universitas internasional, telitilah terlebih dahulu bagaimana negara universitas tersebut mengatur Resume atau surat pengantar aplikasi. Lalu, pastikanlah untuk menulis atas cara itu.

 

Tips 5. Buatlah Referensi

Tentu maksud referensi tersebut bukan bibliografi.

Sebagian besar esai dan aplikasi beasiswa belajar di luar negeri memerlukan referensi pribadi. Artinya, rekomendasi seseorang. Kalau Anda seorang profesional, yang dibutuhkan adalah rekomendasi atasan. Begitu pun mahasiswa yang membutuhkan “tanda tangan” profesor.

Kenapa penting memohon rekomendasi? Karena profesor atau atasan yang berinteraksi dalam waktu lama pasti mengenal Anda dengan cukup baik, sehingga merekalah yang betul-betul memahami dan mengerti kemampuan Anda.

Di luar negeri, referensi ini disebut sebagai personal reference, sedangkan di Indonesia disebut rekomendasi. Maka, mintalah rekomendasi jauh-jauh hari sebelum mengajukan aplikasi.

 

Tips 6. Lingkarilah Penanggalan

Jika Anda tipikal pemburu beasiswa yang serius, pastinya akan mengajukan aplikasi ke banyak institusi/lembaga penyedia beasiswa. Dengan demikian, jika Anda tidak melingkari penanggalan, akan terdapat kemungkinan teledor dalam penjadwalan pengajuan aplikasi.

Untuk itu penting melingkari tanggal-tanggal urgen sehingga Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan serapi dan sesempurna mungkin.

 

Tips 7. Ajukan Aplikasi!

Mengajukan aplikasi ke banyak instansi pasti sangat melelahkan. Namun, Anda tidak punya banyak pilihan selain mengajukan aplikasi sebanyak dan semungkin yang dapat diusahakan. Untuk itu, ekstra kesabaran itu diperlukan.

Ketika kelak impian sudah di tangan, Anda akan merasakan kelegaan yang luar biasa. Hasil memang tidak mengkhianati ikhtiar, begitu kata pepatah lama.

 

Tips 8. Tetap Santai namun Serius

Maksud tetap santai namun serius adalah bahwa setiap berusaha menyempurnakan berbagai syarat yang diminta oleh penyandang dana/beasiswa, Anda mungkin merasa berada dalam tekanan.

Diperlukan kesantaian pembawaan, namun tetap fokus pada tujuan. Kenyataannya, banyak  pelamar sudah merasa tertekan sejak permulaan mereka menyiapkan diri. Karena tekanan tersebut akhirnya usahanya tidak maksimal.

 

Tips 9. Miliki Nilai Akademik yang Baik

Nilai akademik tentu menjadi salah satu penentu lulus atau tidaknya dalam proses pengajuan. Nilai akademik di atas rata-rata menjadi keuntungan tersendiri.

Kampus internasional sangat mempertimbangkan meluluskan calon mahasiswa berprestasi. Sebab, dengan nilai tersebut, mahasiswa tidak akan kesulitan menyerap ilmu atau pengetahuan baru. Nilai itu juga mencakup kemampuan berbahasa asing, prestasi di kampus terdahulu, dan nilai-nilai plus lainnya.

 

Akhirul Kata

9 tips lulus beasiswa luar negeri ini hanya dapat disikapi dalam kapasitasnya sebagai komplemen. Namun demikian, jika Anda tidak memiliki panduan (scholarship guidence) yang memadai, jelas Anda berpotensi tersesat.

Semoga info tips lulus beasiswa ini berguna untuk Anda. Dan Anda pun semoga sukses meraih kelulusan pada beasiswa luar negeri impian Anda. Terima kasih.

beasiswa beasiswa luar negeri belajar di luar negeri tips lulus beasiswa luar negeri

Related Post

Leave a reply