6 Free Online Course with Certificate of Completion, Anda Tertarik?

339 views

Hybernasi.com –Online Course. Online course (kursus online/daring) merupakan fenomena baru dalam dunia pendidikan. Online course menandai sebuah peralihan metode atau cara lama ke cara yang baru sama sekali, yakni dari sistem pembelajaran manual ke digital. Belakangan, cara-cara baru memang terus bermunculan, yang dengan demikian kian menunjukkan perkembangannya yang dinamis. Inilah free online course with certificate of completion yang wajib Anda coba.

Free Online Course with Certificate of Completion

Kampus-kampus besar dan kenamaan dunia seperi Harvard University, MIT, dan Deakin University membuka diri pada perubahan-perubahan besar dalam dunia pendidikan. Berkat mulai meratanya penggunaan internet di seluruh belahan dunia, dengan ditopang oleh suplai teknologi informasi yang berkelimpahan, kampus-kampus kesohor tersebut mulai merambah dan mengembangkan metode pembelajaran baru. Lalu, online course, MOOC, atau sejenisnya menjadi tren kontemporer yang kini mulai merebut perhatian pelajar-pelajar dari berbagai latar belakang di seluruh dunia.

Bahkan, untuk merebut minat yang lebih besar, kampus-kampus itu juga menyediakan beasiswa (scholarship) –penuh atau sebagian- agar program-programnya dapat dijangkau publik secara lebih luas dan merata.

Selain menyediakan beasiswa, mereka juga mengeluarkan sertifikat (certifitace of completion) yang nilainya sama dengan sertifikat pendidikan yang ditempuh secara offline (luring) atau manual. Dengan nilai yang sama, sertifikat tersebut dapat digunakan pelajar untuk melamar pekerjaan (applying jobs), memperkaya “daftar pendidikan” dalam resume atau CV, dan seterusnya. Dan dengan demikian, online course bukan saja menjadi pilihan menarik untuk dipertimbangkan; namun juga bisa menjadi salah satu prioritas untuk studi lanjutan.

Berikut ini Hybernasi menguraikan beberapa online course with certificate of complation yang dapat Anda ambil manakala Anda menginginkan pendidikan jarak jauh namun tetap bonafide. Nah, selain bonafide, skema online course yang dijabarkan di bawah ini juga gratis alias membayar nol rupiah.

 

6 Free Online Course with Certificate of Completion

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil salah satu online course incaran, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa detail, misalnya terkait persyaratan (khusus dan umum), tanggal pembukaan atau pendaftaran, dan lain-lain.

Berikut daftar kampus dan platform pendidikan yang menyediakan free online courses yang dilengkapi dengan sertifikat kelulusan:

 

1. Harvard Free Online Courses

Sesuai dengan namanya, free online course yang pertama ditawarkan oleh Harvard University, Amerika Serikat. Kampus swasta (private university) kenamaan yang satu ini memberikan layanan free online courses, dengan 3 pembidangan unggulan (top 3 field of studies), yakni;

  • Business (Bisnis)
  • Computer Science (Ilmu Komputer)
  • Humanities (Ilmu Humaniora)

Ketiga bidang keilmuan tersebut terbuka sepanjang tahun. Selain yang tersedia dalam skema bebas biaya, melalui link ini Anda pun dapat menemukan beragam program studi menarik yang lain dengan skema berbayar.

Untuk yang berbayar, besaran pembiayaan yang harus dikeluarkan pelamar sangat bervariatif. Yakni, mulai dari kisaran $30 hingga 995 U.S lebih. Dan mahal tidaknya program online course yang ditawarkan Harvard University tidak ditentukan oleh jurusan atau bidang keilmuan. Yakni, kadangkala social science malah lebih mahal ketimbang health and medicine, atau sebaliknya.

Sebagai misal, program Public Leadership Credential yang berada di bawah naungan Social Science berada pada puncak termahal program, jauh melewati program Health and Medicine.

 

2. Deakin University Free Online Course

Deakin University adalah kampus/universitas kenamaan kedua yang menerapkan free online course.

Terhadap free online course yang disediakan kampus, lembaga tinggi yang berlokasi di Victoria, Australia ini memulai tagline programnya dengan kutipan yang menggoda: “Bagaimanakah jika Anda berkesempatan memelajari sesuatu yang dapat mengubah masa depan karir Anda?”

Yaps, melalui free online course-nya, Deakin University menawarkan penajaman mutu pengetahuan lewat pembangunan jejaring kerja dan skil-skil praktis (life skills) yang diperlukan.

 

Program yang Ditawarkan

Banyak sekali program menarik yang dapat Anda peroleh secara cuma-cuma melalui kursus gratis ini, semisal;

  • Pengembangan Diri/Profil
  • Kesehatan Sosial
  • Nutrisi
  • Inovasi
  • Digital Learning
  • Dan lainnya

 

Cara Mendaftar dan Durasi Belajar

Deakin University Free Online Courses terbuka sepanjang tahun, dan tidak ada batasan umur atau negara. Untuk mendaftar, silakan kunjungi laman FutureLearn atau laman resmi Deakin University. Durasi belajar 2 minggu (2 weeks).

 

3. FutureLearn Free Online Course With Certificate

FutureLearn adalah platform kursus/pendidikan berbasis digital, didirikan pada 2012 silam. Sistem pembelajarannya adalah MOOC (Massive Open Online Course) atau Kursus Daring Masif-Terbuka. Dan Sejak penguhujung 2020, FutureLearn diklaim telah memiliki mitra sekurangnya hingga sejumlah 175 lembaga, dari tingkat universitas hingga lembaga non-perguruan tinggi.

 

Program yang Ditawarkan

Terdapat banyak free course yang tersedia secara cuma-cuma, di samping juga dengan ditambahi nilai plus berupa sertifikat kelulusan (certificate of completion), semisal;

  • Kursus Bahasa Inggris
  • Digital Skill
  • Digital Marketing
  • Bisnis
  • Healthcare
  • Coding
  • Kursus terkait Pencarian Kerja
  • Psikologi
  • Keperawatan
  • Dan lain-lain

 

Cara Mendaftar dan Durasi Studi

Sebagaimana halnya dua free course sebelumnya, FutureLearn Free Online Course With Certificate ini terbuka untuk beragam kalangan dari berbagai latar belakang dan umur. Durasi studinya berkisar antara 2-6 minggu.

Sebagai perbandingan, Anda dapat membaca FutureLearn Free Online Course untuk tahun ajaran 2020-2021 melalui link ini.

 

4. OpenLearning Free Courses

Sebagaimana FutureLearn, OpenLearning merupakan platform pendidikan digital yang sama-sama menerapkan sistem pembelajaran MOOC. Secara resmi, OpenLearning bekerjasama dengan University of New South Wales dan Tailor’s University dalam mengeksekusi MOOC.

Sampai artikel ini ditulis, OpenLearning telah bekerjasama dengan 196 institusi (termasuk Charles Sturt University, Deakin.co, UTS, UNSW Sydney, dan lain-lain), dengan program free online course mencapai 291.

 

Program Free Online Course

Uraian berikut ini adalah gambaran umum program OpenLearning Free Course yang bakal Anda dapatkan.

  • Design
  • Entrepreneurship
  • Personal and Professional Growth
  • Education
  • Tourism
  • Digital Literacy
  • Social
  • Mechanical

Untuk penjelasan detail terkait dengan detail program, Anda dapat membacanya melalui laman resmi OpenLearning.

 

Cara Mendaftar dan Durasi Studi

Tidak ada persyaratan khusus yang perlu Anda persiapkan. Anda hanya perlu mengeklik laman resmi OpenLearning, dan Anda akan menemukan beragam informasi yang diperlukan. Sedangkan untuk durasi belajar juga mirip-mirip dengan FutureLearn.

 

5. MOBI Free Course

MOBI adalah kepanjangan dari My Own Business Institute. MOBI merupakan platform pendidikan/kursus berbasis digital asal Spanyol.

Jika Anda tertarik dengan dunia bisnis atau usaha, Anda dapat meluangkan waktu beberapa pekan untuk memelajari hal-hal mendasar terkait dunia bisnis atau semacamnya.

Karena MOBI bergerak secara spesifik untuk bisnis dan usaha, program MOBI juga tak jauh-jauh dari itu. Program utama MOBI ada tiga, yaitu:

  • Starting a Business (15 sesi)
  • Business Expansion (15 sesi)
  • Quick Start Entrepreneur (sekitar 10 sesi)

Jika Anda berkehendak untuk membesarkan bisnis dan usaha yang sudah Anda jalankan, ada baiknya mencoba program MOBI. Info lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi MOBI.

 

6. Udemy Online Course

Yang terakhir adalah Udemy. Pun sebagaimana yang di atas, Udemy adalah sistem pembelajaran online/daring yang terbuka untuk diakses siapa saja.

Udemy pun membuka diri pada kalangan profesional, dengan skema yang sama: Free online course. Program yang ditawarkan Udemy juga cukup beragam dan banyak. Tak heran manakala Udemy termasuk platform dengan jumlah partisipan terbanyak.

 

Program Udemy Online Course

Pada laman resmi Udemy, secara umum Udemy membagi program-program pembelajarannya kepada tiga kelompok utama, yaitu:

  • Technological Skill (Kemampuan Teknologi)
  • Professional and Productivity Skill (Skil Profesional dan Produktivitas)
  • Personal Growth and Health (Pertumbuhan dan Kesehatan Personal)

Untuk mengakses dan mendapatkan informasi menarik seputar pembidangan atau penjurusan secara spesifik, silakan ikuti tautan ini.

 

Baca juga: Info Beasiswa Luar Negeri 2022

 

Akhirul Kata

Free Online Course, secara umum, ditempuh melalui sistem pembelajaran berbasis video. Dan secara umum pula, video-video yang diunggah sebagai bahan pembelajaran merupakan video tutorial yang lebih bersifat praksis ketimbang teori atau wacana.

Demikian info 6 Free Online Course with Certificate of Completion ini Hybernasi persembahkan. Semoga bermanfaat!

certificate completion course certificate course certificate completion deakin university free online free online course free online courses future free online online course online course certificate online courses

Related Post

Leave a reply