13 Situs Penerjemah Bahasa Inggris selain Google Translate

739 views

Hybernasi.com –Penerjemah bahasa. Google Translate masih menjadi pilihan pertama di kalangan pengguna translator tool untuk penerjemahan bahasa Inggris. Namun, di lain pihak, situs translate selain Google Translate terus bermunculan. Tentu saja kemunculan berbagai mesin translator di luar produk Google kian memanjakan pengguna. Inilah 13 situs penerjemah bahasa Inggris selain Google Translate.

Penerjemah Bahasa Inggris selain Google Translate

Seiring terus populernya bahasa Inggris dalam bahasa pergaulan, jasa penerjemah bahasa Inggris pun terus bermunculan, dengan beragam fitur dan layanan

Bagi sebagian pengguna yang sudah terlampau akrab dengan produk Google, Google Translate (Google Penerjemah) masih dianggap sebagai penyedia layanan penerjemahan yang paling mumpuni. Mereka menganggap, hasil terjemahan selain Google Translate masih dalam tahap trial and error.

Namun demikian, sekurangnya hingga saat ini, penyedia layanan penerjemahan bukanlah monopoli Google Translate semata. Terdapat banyak situs dan aplikasi translate selain Google Translate yang dapat dimanfaatkan untuk jasa penerjemahan bahasa tersebut.

Dan seiring terus populernya bahasa Inggris dalam bahasa pergaulan, jasa penerjemah bahasa Inggris pun terus bermunculan, dengan beragam fitur dan layanan. Maka, aplikasi penerjemah bahasa Inggris selain Google Translate juga kian beragam. Di sini pula, Google Penerjemah bahasa Inggris mendapatkan tantangan untuk menaikkan kualitasnya. Jika tidak, situs translate selain Google akan menyalip Google Translate dalam waktu yang tak lama lagi.

Tentu saja Google Translate terus berupaya meningkatkan kualitas layanan. Maka kini produk penerjemahan Google ini hadir dengan fitur penerjemahan suara (Google Voice) hingga gambar (image). Google Translate sepertinya ingin hadir sebagai situs translate yang akurat, lebih mumpuni, dengan disertai user experience yang memuaskan.

Peningkatan yang kentara hingga saat ini adalah bahwa Google sudah memiliki hingga 103 database seluruh bahasa di dunia. Maka, jangan heran manakala dalam beberapa waktu terakhir kita menyaksikan terdapat pilihan penerjemahan bahasa Jawa dan Sunda pada kolom pilihan bahasa Google Translate.

Tak pelak, Google Translate mendapatkan sambutan yang meriah dari para penggunanya di Indonesia.

Berikut ini akan disajikan 13 situs penerjemah bahasa Inggris selain Google Translate yang memberikan layanan terjemahan presisi dan akurat. Dan, di bagian akhir juga terdapat situs buatan anak negeri yang patut kita coba juga.

 

13 Situs Penerjemah Alternatif Google Translate

13 situs penerjemah alternatif Google Translate yang akan dipaparkan berikut ini didasarkan pada jumlah dan kepuasan pengguna pada layanan masing-masing situs, lebih-lebih dalam perbandingannya dengan Google Penerjemah bahasa Inggris.

 

1. Bing Translator

Bing dianggap sebagai salah satu kompetitor Google Translate yang paling serius. Menurut pengakuan banyak pengguna, Bing Translator (Bing Penerjemah) diklaim sebagai penyedia fitur penerjemahan yang nyaris setara dengan kemampuan Google Translate.

Bahkan, dalam banyak kasus penerjemahan kalimat, akurasi Bing Translator dianggap lebih mumpuni ketimbang Google Translate.

Terlebih lagi, Bing Translator memudahkan pengguna melalui fitur input URL sumber terjemahan. Yakni, pengguna cukup memasukkan URL bahasa sumber yang hendak diterjemahkan, lalu Bing Translator akan bekerja melalui URL tersebut.

Dengan demikian, melalui fitur tersebut, Bing Penerjemah tentu lebih memberikan kemudahan untuk digunakan. Sampai saat ini, Bing Translator hanya bisa diakses melalui situs: bing.com/translator.

 

2. Reverso Translation

Reverso Translation adalah situs penerjemahan berikutnya yang cukup populer selain Google Translate di kalangan pengguna. Reverso Translation merupakan anak usaha Softissimo Inc. Software Reverso Translation telah dimanfaatkan oleh lebih dari enam juta manusia.

Selain sebagai situs penerjemahan, Reverso Translation menyediakan fitur kosa kata dan ekspresi kebahasaan dari seluruh penjuru pengguna di dunia seperti Jerman, Prancis, Inggris, Spanyol, Polandia, Arab, Italia hingga bahasa Ibrani.

Reverso Translation merupakan situs penerjemahan yang menyediakan fitur frasa idiomatik, kata-kata anjuran atau sugestif, dan lainnya ketika Anda mengetikkan kata kunci yang Anda cari.

Dan melalui Reverso Translation, Anda dapat membagikan hasil terjemahan pekerjaan Anda kepada teman kerja atau orang lain melalui surel (email) atau media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

 

3. Microsoft Translator

Microsoft Translator tersedia dalam dua versi sekaligus, yakni personal dan bisnis. Aplikasi ini dapat dijalankan pada sistem operasi Android, iOS, dan Windows.

Dalam perkembangan termutakhir, Microsoft Translator berkemampuan menerjemahkan teks, tangkapan layar, gambar, dan suara dengan koleksi di atas 60 bahasa. Juga, hasil terjemahannya dapat didownload dalam bentuk dokumen dan memungkinkannya dibaca secara luring (offline).

Microsoft Translator juga telah teintegrasi dengan aplikasi lain dari perusahaan Microsoft yang sama, semisal Skype, MS Office, dan bahkan Microsoft Translator kini telah tersedia dalam fitur smartwatch (jam tangan pintar).

 

4. Linguee

Linguee diluncurkan pada 2009, dan hanya melakukan layanan penerjemahan melalui versi website. Linguee dapat menerjemahkan kata atau kalimat tunggal ke dalam lebih dari 25 dialek.

Seperti halnya tools atau website penerjemah bahasa yang lain, website ini dapat juga Anda manfaatkan secara offline.

Namun sayang, Linguee tidak banyak memiliki layanan bahasa. Linguee hanya menerjemahkan bahasa Jerman, Belanda dan Prancis.

 

5. iTranslate

Situs penerjemahan bahasa Inggris selain Google Translate selanjutnya adalah iTranslate. Situs ini adalah produk perusahaan Sonico Mobile. iTranslate juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang sangat mobile friendly.

Aplikasi ini dapat mengerjakan terjemahan teks, website atau kata-kata pencarian ke dalam lebih dari 100 bahasa.

iTranslate sangat kompatibel dengan beragam jenis sistem operasi seperti iOS, Google Play, Mac, Windows, dan Kindle fire. Alternatif Google Translate yang satu ini tersedia dalam bentuk software yang dibekali kemampuan mengerjakan penerjemahan teks dan suara (voice-to-voice) secara akurat.

 

6. Translate.com

Situs penejermahan mumpuni yang lain adalah Translate.com. Situs ini memberikan layanan penerjemahan yang sederhana dan praktis layaknya layanan penerjemahan premium dan populer yang lain.

Translate.com dapat bekerja untuk menerjemahkan suara, teks dan sekaligus gambar.

Di luar itu, hasil potretan dokumen berbahasa asing dapat langsung diunduh dan diterjemahkan oleh situs ini. Hasil terjemahannya pun juga layaknya terjemahan berbasis teks yang diketik secara manual.

 

7. Babylon Translator

Babylon diklaim memiliki glosarium  hingga 1.700 dan kamus dalam aneka bahasa. Situs penerjemahan ini sudah berdiri sejak 19 tahun yang lampau dan dianggap mampu memberikan terjemahan dengan tingkat presisi yang memukau.

Babylon tidak sama dengan perangkat penerjemahn yang lain: Babylon menerjemahkan dokumen dengan format bawaan teks yang diterjemahkan. Babylon dapat bekerja dengan baik untuk lebih dari 77 bahasa, termasuk bahasa Belanda dan Inggris.

 

8. Memsource

Memsource ialah situs penerjemahan yang based cloud (berbasis penyimpanan awan), yang tujuannya adalah agar para pengguna dapat menggunakan situs ini dengan aman tanpa kendali.

Software Memsourse ini menawarkan tool penerjemahan intuitif sehingga produktivitas kerja tetap terjaga.

 

9. TripLingo Translator

TripLingo merupakan salah satu situs dan aplikasi terpopuler di kalangan turis asing. Turis biasanya memanfaatkan TripLingo untuk belajar frasa-frasa penting, menerjemahkan suara dan berbagi kebutuhan kosa kata percakapan harian.

Yang menarik juga, aplikasi ini menyediakan layanan short course (kursus singkat) tentang local culture (budaya lokal) ketika turis sedang mengadakan travel ke berbagai negara.

TripLingo dapat menerjemahkan voice (suara) dan teks ke dalam 42 ragam bahasa, atau bahkan lebih. Fitur menarik lainnya adalah bahwa TripLingo menyediakan panggilan darurat 911.

 

10. Yandex Translate

Dengan tampilan yang nyaris sama dengan Google Translate, Yandex Translate diklaim sebagai salah satu situs penerjemahan terakurat. Layanan penerjemahan yang berbasis di Rusia ini dipercaya sebagai Google-nya negara Beruang Putih.

Tak banyak berbeda dengan software penerjemahan yang lain, Yandex Translate pun dilengkapi fungsi dan fitur yang nyaris setara dengan situs-situs penerjemah andal lainnya.

User interface Yandex Translate sangat simpel, dengan nuansa kuning yang dominan. Untuk memanfaatkan Yandex Translate, Anda bisa melalui dua cara, yaitu melalui situs yandex.com dan aplikasi dalam App Store dan Play Store.

 

11. BabelXL

Pilihan situs penerjemah selain Google Translate lainnya adalah BabelXL. BabelXL mampu menerjemahkan hingga ke dalam lebih 65 bahasa dengan unlimited karakter.

Untuk mengakses situs BabelXL, Anda harus register, login, dan setelah itu Anda bebas mengeksplorasi situs penerjemahan ini.

 

12. Sederet

Sederet adalah situs penerjemahan buatan anak-anak negeri sendiri. Fitur yang ditawarkan juga masih sangat terbatas, yakni hanya untuk penerjemahan teks dwibahasa (Indonesia-Inggris atau sebaliknya).

Namun demikian, situs ini dilengkapi dengan materi-materi pembelajaran bahasa Inggris dasar yang sangat berguna bagi pembelajar bahasa Inggris otodidak. Anda, misalnya, dapat menemukan materi structure/grammar, pronunciation, dan lainnya yang dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Selain itu, terdapat pula beragam artikel tentang contoh speech (pidato) dalam bahasa Inggris, tips mengerjakan soal TOEFL, dan lainnya.

Untuk sekali klik, Sederet mampu menerjemahkan hingga seribu kata. Cukup mumpuni.

 

13. DeepL Translator

Yang terakhir adalah DeepL Translator. User interface situs ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Anda pun tidak harus register atau login untuk dapat mengaksesnya.

Sayangnya, DeepL Translator hanya mendukung 9 bahasa. Yakni, bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Belanda, Polandia, dan Rusia.

 

Kesimpulan

Demikianlah 13 situs penerjemahan bahasa Inggris selain Google Translate yang dapat Anda manfaatkan manakala Anda menginginkan pengalaman penerjemahan selain Google Translate.

Semua situs yang dipaparkan di atas adalah situs dengan pengguna terbanyak dan terpopuler. Pengalaman pengguna merupakan pertimbangan pertama kenapa situs-situs tersebut masuk dalam rekomendasi penerjemahan selain Google Translate.

Namun, tentu kemuculan beragam layanan penerjemahan tersebut tak lepas dari peranan Google Translate. Untuk itu Hybernasi mengucapkan, terima kasih Google Translate.

bahasa Bahasa Inggris google penerjemah Google Translate penerjemah bahasa Penerjemah Bahasa Inggris Penerjemah Bahasa Inggris selain Google Translate Selain Google Translate Situs Penerjemahan

Related Post

Leave a reply