13 Cara Menjaga Tubuh agar tetap Sehat dan Bugar

490 views

Hybernasi.com –Kesehatan Tubuh. Kesehatan merupakan karunia Tuhan yang tiada tara. Itu sebabnya, supaya tetap sehat dan bugar, banyak orang rela melakukan apa pun saja. Yakni, mulai dari cara-cara klinis sampai non-klinis, dari yang rasional sampai yang irrasional. Usaha-usaha tersebut dilakukan agar tubuh agar tetap sehat, atau demi kembali memeroleh kesehatan yang mulai menurun. Berikut ini Hybernasi akan berbagi tips tentang cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Tips ini barangkali akan berfungsi sebagai pengingat bagi kita semua.

cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar

Cara-cara klinis sering kali menghabiskan ongkos, serta tidak sedikit yang menyelisihi nilai etis dan naluriah manusia. Namun sesungguhnya, menjaga ksehatan tubuh itu tidak terlampau repot dan memakan ongkos, dan terkadang juga nyaris tanpa biaya. Tentu saja diperlukan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, karena hanya sedikit orang dapat konsisten dengan cara-cara di bawah ini.

Cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar juga banyak diburu oleh mereka dengan jam kesibukan yang padat merayap. Mereka yang hiper aktif dalam aktivitas tentu rawan terserang beragam jenis penyakit dibandingkan dengan mereka yang minim mobilitas. Itu sebabnya, kanapa ini menjadi penting untuk tetap memerhatikan kesehatan.

Beberapa alasan kenapa orang dengan aktivitas tinggi gampang terserang penyakit itu, antara lain, adalah;

  1. Menurunnya sistem imun

Dengan mobilitas tinggi, kita umumnya mudah capek. Saat tubuh lelah atau capek, mekanisme imun akan menurun. Dan saat sistem imun menurun tersebut, beragam jenis penyakit mudah menyerang.

  1. Kekurangan waktu istirahat

Orang yang memiliki kesibukan tinggi umumnya kesulitan untuk mengontrol pola istirahat, tidur misalnya. Sehingga, kekurangan tidur ini akan memudahkan berbagai virus hinggap dan berkoloni dalam tubuh.

  1. Depresi

Orang dengan aktivitas tinggi kerap terserang depresi. Sedangkan depresi adalah merupakan salah satu pemicu beragam jenis penyakit serius.

 

13 Cara Menjaga Tubuh agar tetap Sehat dan Bugar

Berikut ini adalah 13 cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar, atau langkah hidup sehat yang bisa kita jadikan acuan dan referensi agar tubuh dalam keadaan bugar dan sehat dalam waktu lama.

 

1. Olah Raga secara Teratur

Olah raga yang teratur itu sekurangnya ditandai dengan olahraga teratur setiap pagi. Olahraga seperti bersepeda, berlari, atau yang sejenis harus Anda rutinkan. Atau sekurang-kurangnya perbanyaklah jalan kaki. Mulailah dengan jalan kaki, karena jalan kaki juga bagus untuk membakar kalori dalam tubuh.

Menurut keterangan beberapa pakar kesehatan, jalan kaki sanggup membakar sekira 180 kalori per menitnya. Seumpama saat ingin ke warung yang jaraknya dekat, kerjakanlah dengan berjalan kaki, jangan naik motor, atau kendaraan lain yang membutuhkan ongkos pergi. Di luar itu, jauhi duduk kelamaan karena duduk terlalu lama dapat membuat tubuh anda mudah lelah dan capek. Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini terbukti sebagai cara yang efisien untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Anda yang tidak mengalami gejala penyakit jantung, Anda dapat berolahraga berat sepanjang 30 menit setiap harinya. Namun, untuk mereka yang bermasalah dengan jantung, cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar ialah dengan berolahraga ringan selama belasan menit, atau disesuaikan dengan kekuatan tubuh Anda. Olahraga itu berfungsi melancarkan sirkulasi darah dan pembakar lemak yang murah meriah.

Tanpa olahraga, lemak dalam tubuh tidak akan terbakar dengan baik sehingga lemak tersebut tetap menempel pada pembuluh darah, dan kelak ia dapat menjadi penyebab dari penyempitan pembuluh darah tersebut. Lemak bisa juga melekat di dalam jantung, lalu jantung melemah dan ini mengakibatkan serangan jantung. Itu sebabnya, olahraga itu menjadi penting agar tubuh tetap sehat dan bugar.

 

2. Deteksi Isyarat Tubuh

Kecapekan usai melakukan beragam aktivitas atau olahraga, tubuh kerapkali menyampaikan isyarat bahwa tubuh butuh diistirahatkan. Deteksi isyarat tubuh ini dengan menyegerakannya diistirahatkan.

Kita harus memiliki kesadaran, bahkan juga untuk hal kecil dan terbilang sepele ini sekalipun. Sebagai misal, mata yang dirasa mulai perih dan berair saat digunakan untuk bekerja dalam waktu lama di depan komputer, itu menyampaikan isyarat bahwa mata kita telah capek dan perlu istirahat. Kita tidak boleh memaksa mata untuk terus bekerja bila isyarat kelelahan sudah mulai kita rasakan. Jika tidak, hal-hal buruk akan menimpa indera penglihatan tersebut.

Istirahat adalah kebutuhan alamiah untuk mengembalikan stamina yang terkuras. Beristirahat dengan cukup dan teratur adalah kunci hidup sehat yang perlu kita rutinkan. Salah satu bentuk istirahat terbaik itu dengan tidur antara 7 sampai 8 jam setiap harinya. Tidak boleh kurang dan tidak boleh terlalu berlebih.

Beberapa orang yang terserang penyakit disebabkan oleh waktu tidur yang tidak teratur dan tidak berkualitas. Mereka yang umumnya baru tidur setelah tengah malam akan mengalami kecapekan saat terbangun di pagi harinya. Beberapa alasan kenapa orang tidurnya telat, misalnya pekerjaan kantor atau tugas dinas yang harus kelar malam itu juga.

Seusai sepanjang hari bekerja, tubuh kita perlu istirahat. Hal tersebut diperlukan agar organ-organ tubuh tidak dipaksa bekerja di atas batas kemampuannya. Menurut banyak studi dan penelitian, terdapat aneka ragam penyakit yang mengincar yang diakibatkan oleh kekurangan tidur tersebut.

Sebagai saran: usahakanlah tidur dengan mematikan lampu dan kepala dibantali. Tidur yang dimaksud bukan tidur di waktu malam saja, melainkan juga tidur pada siang harinya.

 

3. Kelola Emosi Labil

Kelolalah emosi dengan baik. Jangan gampang marah. Ini penting, karena dengan mengelola emosi kita tidak akan menghabis energi yang tidak perlu untuk sesuatu yang sia-sia, dan tentu saja cara ini juga sangat bagus bagi kesehatan jantung. Jadilah orang yang gampang tersenyum dan ramah kepada orang lain.

Orang yang mudah bersedih, selalu kuatir, dan lain-lain akan membawa organ-organ tubuh yang lain pada keadaan tidak normal. Emosi labil yang mendera seseorang akan menjadi pemicu terciptanya radikal bebas dalam tubuh, yang bila didiamkan dalam waktu yang lama ia berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita juga.

Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh supaya tetap sehatdan bugar kita harus dapat mengontrol emosi. Jangan sampai memandang sepele gejala emosi ini. Emosi labil yang tidak leka ditangani akan bergumul menjadi emosi labil yang akut. Sebagai salah satu masalah mental, emosi labil cenderung lebih mencelakakan dibandingkan yang lainnya.

Bahkan, emosi labil dapat mencelakakan keselamatan tubuh. Emosi labil mengakibatkan depresi, dan depresi level rendah ini umumnya mendapatkan pemicu pada lingkungan kerja, lingkungan keluarga, sosial atau bahkan dari lingkungan pertemanan. Supaya terbebas dari emosi labil sebaiknya kita ketahui bagaimanakah cara menangani emosi labil yang efisien.

 

4. Selalu Berpikir Positif (Positive Thinking)

Jiwa yang sehat selalu diawali oleh pola pikir yang juga sehat (positive thingking). Masalah psikis dan psikologis seperti emosi –ringan atau berat- terbukti memengaruhi kesehatan tubuh. Karena itu, tetaplah berpikir positif dan tetap mengatur psikis dan psikologis agar tidak menuju emosi.

Dengan demikian, selalu berpikir positif itu berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Karena, bilamana pikiran kita kerap negatif, energi negarif tersebut akan menyelimuti alam bawah sadar dan otak akan terpicu untuk emosi.

Demikian pun, kita harus menjaga jarak dengan orang yang berkecenderungan berpikir negatif. Menjaga diri untuk bergaul dengan mereka yang negatif tentu melindungi psikis untuk tetap positif sehingga terhindar dari hidup yang kurang sehat. Sebaliknya, kita perlu menggauli mereka yang selalu positif, karena dengan cara itu kita akan akan tertular untuk berpikir positif juga.

 

5. Jagalah Kebersihan Diri dan Lingkungan

Memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan adalah mutlak dan harus diperlukan bila menginginkan tubuh kita tetap sehat dan bugar. Ada banyak sekali virus, bakteri, dan kuman pada setiap lingkungan yang kita tempati, dan itu berpotensi jadi sumber penyakit. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan agar tubuh terhindar dari kontaminasi kuman dan bakteri berbahaya.

Salah cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar ialah dengan membersihkan tangan sesaat sebelum makan. Untuk meminimalisir masuknya beragam penyakit ke dalam tubuh, kita harus membersihkan tangan secara benar saat hendak makan tersebut. Sudah sering kita menjumpai bahwa tangan yang mengandung kuman dan tidak dibersihkan dengan benar ia akan masuk ke dalam tubuh kita melalui rongga mulut. Kuman tersebut tentu akan mengakibatkan beragam jenis masalah kesehatan.

Ada beberapa bahaya bila kita tidak membersihkan tangan saat mengonsumsi makanan, misalnya ia akan mengakibatkan sakit di perut. Ada pula orang yang gampang sakit walau sebenarnya ia rutin membersihkan tangan sebelum menyantap makanan, hal tersebut bisa terjadi karena orang itu tidak mempraktikkan cara membersihkan tangan sehingga tangan masih dipenuhi virus dan kuman.

Membersihkan tangan itu tidak asal-asalan. Apalagi asal cepat selesai. Kita harus memperhatikan cara yang benar-benar sehat dalam membersihkan tangan. Membersihkan tangan itu, salah satunya memakai sabun antiseptik. Sabun ini berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan kuman.

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar merupakan kebiasaan yang perlu dipraktikkan, misalnya dimulai dari lingkaran terdekat Anda. Jangan bermalas-malasan menyapu dan membersihkan rumah. Yakinkan diri Anda bahwa ruangan yang hendak Anda tempati sudah bebas dari debu dan kotoran. Tak lupa pula untuk mengenakan masker saat membersihkannya.

Dan yang tak kalah penting, harus pula memerhatikan kebersihan minuman dan makanan dan pastikan makanan yang hendak kita makan bebas dari virus dan kuman. Memang, akan semakin aman bila kita mengolah makanan di dapur kita sendiri.

Selalu yakinkan diri Anda untuk meminum dan memakan makanan dalam keadaan yang bersih dan makanan atau minuman tersebut diproses secara sehat, dan melalui proses yang standar, misalnya melalui proses pasteurisasi. Pasteurisasi ialah proses memanasi masakan agar mikroba terbunuh. Pastikan semua minuman dan makanan Anda adalah penganan konsumsi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

6. Konsumsi Nutrisi Berimbang

Kita sudah sering mendengar bahwa makanan dengan nutrisi berimbang ialah apa yang disebut sebagai 4 sehat dan 5 sempurna. Semua nutrisi makanan yang diperlukan tubuh berada dalam skema 4 sehat dan 5 sempurna tersebut.

Memang, karena keadaan yang sifatnya ekonomis misalnya, banyak orang atau warga masyarakat yang tidak dapat memenuhi skema 4 sehat 5 sempurna ini. Pola makan mereka umumnya adalah jika sudah ada sayur, lauk sudah tidak diperlukan lagi. Kalaulah sayur dan lauknya ada, banyak di antara kita yang tidak mampu membeli dan mengonsumsi susu, sehingga skema 4 sehat 5 sempurna tersebut tidak terpenuhi.

 

7. Perhatikan Pola Makan

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, kita harus juga memperhatikan pola makan. Jangan sampai meninggalkan sarapan hanya karena terburu-buru untuk bekerja. Mereka yang tidak menghiraukan pola makannya biasanya mudah terserang penyakit maag. Tanda-tanda penyakit maag pertama yang biasanya dialami orang yang tidak begitu peduli dengan pola makannya, antara lain, perut seperti melilit, mual, atau tiba-tiba perih.

 

8. Hindari Makanan Cepat Jadi (Fast Food)

Makanan cepat saji kerap disebut sebagai junk food. Junk food dianggap sebagai makanan yang tidak sehat, karena pada junk food tidak ada gizi yang benar-benar bisa dianggap gizi.

Malah, jenis makanan ini dianggap sebagai sumber masalah dan penyakit bagi tubuh. Junk food merupakan makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, dan dapat memicu jantung koroner. Supaya tubuh tidak gampang sakit tentu saja kita harus menghindari makanan junk food ini.

 

9. Makanlah secara Normal

Makan secara normal ini maksudnya adalah bahwa mengonsumi makanan yang berlebih dapat memicu obsesitas (kegemukan). Kita tahu, obesitas memacu beragam jenis penyakit seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang terlampau sedikit (karena sedang diet, misalnya) berefek pada penyusutan konsumsi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Konsumsilah sesuai keperluan: berat tubuh itu sesungguhnya bagus, karena ia mencirikan kesehatan tubuh.

Makanlah sedikit saja, namun dengan volume yang sering. Tentu saja ini sangat baik dibiasakan. Kita hanya perlu mengubah sedikit pola makan untuk menerapkannya. Apabila Anda sudah terbiasa dengan pola makan antara 2 sampai 3 kali sehari, cobalah polanya diganti menjadi 4 sampai dengan 5 kali. Namun, dengan porsi yang sedikit. Artinya, makanlah secara normal.

Sebetulnya, kita sudah memiliki kearifan yang bersumber dari agama terkait dengan pola makan ini. Misalnya, makanlah ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. Jadi, cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar itu sudah ada dalam kearifan lokal kita.

 

10. Konsumsi Air Secukupnya

Mayoritas kita tidak sadar bahwa sebetulnya kita sering kali tidak mengonsumsi air secara cukup setiap harinya. Jelas ini bukan kebiasaan baik, karena seperti kita mafhum bahwa mengonsumsi air itu penting sekali untuk tubuh kita. Ini karena, antara lain kita kehilangan air setiap harinya lewat saluran urine, keringat, pernafasan atau BAB. Untuk itu, perlu mengonsumsi air secukupnya.

Sejumlah riset memperlihatkan bahwa jumlah air yang kita perlukan sebetulnya bergantung pada aneka keadaan atau faktor. Faktor-faktor tersebut seperti cuaca, aktivitas, dan berat badan. Namun umumnya, kita memerlukan 2,7 sampai 3,7 liter air setiap harinya. Atau minimal, kita minum 8 gelas air untuk memenuhi kebutuhan tubuh kepada cairan.

Tidak boleh kurang, tidak boleh juga terlalu berlebihan. Dengan minum berlebihan, bukannya memperoleh hasil optimal dari meminum air, ia malah berdampak buruk bagi kesehatan organ tubuh kita.

Bila Anda mengalamai gejala seperti; urine berwarna kekuningan, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil, segerakanlah minum air karena itu merupakan gejala awal bahwa tubuh kita kekurangan zat cair.

Dan sebaiknya kita tidak mengonsumsi cairan di luar air putih, karena air putihlah yang terbaik untuk menjauhkan kita dari bahaya marabahaya dehidrasi. Air putih sanggup membuat tubuh fit, karena saluran darah dan oksigen ke seluruh sel menjadi lancar. Bila saluran darah dan oksigen tidak lancar, tubuh akan gampang lemas, lesu, dan lainnya.

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, sebaiknya kita memenuhi keperluan cairan pada tubuh kita. Ada beberapa bahaya yang muncul karena kekurangan cairan pada otak dan organ yang lain pada manusia. Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan saluran darah dan oksigen di pembuluh darah tidak normal. Akibat lainnya ialah darah jadi kental. Organ tubuh manusia dipenuhi oleh cairan, sehingga bila organ-organ tubuh kekurangan air, ia tidak akan bekerja dengan prima.

 

11. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat dipercaya dan benar-benar terbukti berperan besar dalam usaha menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kita membutuhkan makanan yang memiliki serat yang cukup agar tubuh kita tetap bugar dan sehat.

Makanan beserat dapat menghindarkan kita dari sembelit dan ia menyehatkan organ pencernaan. Makanan berserat tinggi bermanfaat untuk mengeluarkan zat beracun (toksin) yang biasanya menempel pada usus, khususnya usus besar. Sebab, jika usus besar mengandung toksin dalam jumlah besar, usus berisiko terserang kanker usus. Salah satu sumber makanan yang kaya serat dan berguna untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah apel, brokoli, kacang-kacangan, dan wortel.

 

12. Perhatikan Kebutuhan Tubuh akan Vitamin

Tubuh kita memerlukan vitamin, karena ia dapat menjalankan fungsi perlindungan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Salah dua vitami yang baik dikonsumsi adalah vitamin D dan vitamin C.

Vitamin D berfungsi sebagai stimulus sel imun agar sel imun dapat menangkal bakteri, memperkuat tulang, menahan laju beragam penyakit seperti jantung, diabetes, kanker dan meminimalisir risiko amnesia. Vitamin D tersebut dapat diserap dari cahaya matahari pagi, ikan, telur, susu, dan keju. Tubuh yang kekurangan vitamin D mudah terserang virus dan kuman. Pada dasarnya, vitami D berfungsi sebagai stimulus anti-bodi, di mana zat anti-bodi ini yang sanggup memproduksi mekanisme imun. Sedangkan sistem imun adalah penangkal kuman dan bakteri di dalam tubuh.

Namun, tentu saja bukan hanya vitamin D yang diperlukan tubuh. Vitamin C juga berperan besar bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Vitamin C berfungsi untuk memantapkan mekanisme imun, karena mekanisme imun yang konstan akan membuat imunitas tubuh kian baik sehingga tubuh yang dilapisi sistem imun yang bagus tersebut tidak gampang terserang berbagai jenis penyakit.

Bila perlu, konsumsilah beragam suplemen. Utamanya, suplemen itu diperlukan oleh mereka yang mobilitasnya tinggi. Suplemen ini sangat bermanfaat agar tubuh kita terhindar dari kecapekan dan kelelahan yang berlebih. Bila kita kecapekan, mekanisme imun akan turun dan pada saat turun itulah masuk penyakit yang disebabkan karena virus dan kuman pada tubuh kita sendiri. Tidak mengherankan manakala orang yang jam kerjanya padat mudah sekali terserang flu, batuk dan pusing. Hal tersebut karena ia kecapekan dan mekanisme imun sedang turun.

 

13. Hindari Alkohol atau yang Sejenis

Jelas sudah beberapa hal yang bisa menghancurkan tubuh, yakni mengonsumsi alkohol, rokok, atau fast food. Oleh karena itu, hentikan sesegera mungkin aktivitas merugikan ini.

Jenis minuman dan makanan macam itu memiliki kandungan zat kimia dengan risiko menghancurkan organ-organ tubuh. Saat ini, jenis makanan dan minuman tersebut menjadi tren tersendiri di kalangan kita. Hindarilah keduanya sebelum terlambat.

 

Baca juga: Pola Hidup Sehat dari Pagi sampai Malam

 

Akhirul Kata

Sehat itu mahal. Jika kita sakit, barang-barang berharga milik kita bisa kita habiskan agar kita sehat kembali. Untuk itu, cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar yang ditawarkan di sini adalah cara-cara murah dan gampang.

Hidup sehat itu sebetulnya mudah belaka. Tinggal ikuti cara-cara di atas. Mudah bukan? Semoga bermanfat!

cara menjaga tubuh cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar emosi labil menjaga tubuh sehat sehat dan bugar tetap sehat tubuh tubuh kita tubuh tetap sehat virus dan kuman

Related Post

Leave a reply