10 Kunci Sukses untuk Masa Depan

229 views

Hybernasi.com –Kunci Sukses. Setiap dari kita ingin menjadi orang sukses dan kaya sekaligus, bukan? Sulit rasanya jika kita akan mengatakan tidak. Secara naluriah, manusia menghasrati kehidupan yang dipenuhi dengan cerita keberhasilan, dan tentu tidak mengharapkan kegagalan. Bahkan, demi terwujudnya suatu impian, tak jarang yang kemudian menghalalkan segala cara dan usaha. Kali ini Hybernasi hendak berbagi tips dan kunci sukses untuk masa depan, tentu agar memeroleh kehidupan  yang cerah di depan.

10 Kunci Sukses untuk Masa Depan

Namun, tidak semua orang bisa melaksanakan secara konsisten kunci sukses di bawah ini. Banyak orang berharap bahwa sesuatu akan terjadi secara tiba-tiba, bahkan nyaris tanpa mengusahakannya. Kendati tips dan kunci sukses untuk masa depan ini bukan satu-satunya patokan keberhasilan dalam hidup, sekurangnya ia akan berfungsi sebagai salah satu penolong yang dapat Anda pertimbangkan.

Anda jelas tidak akan bisa membayangkan kesuksesan seperti apa yang akan Anda peroleh di masa depan. Untuk itu, perlu tindakan dan kebiasaan tertentu yang secara rutin Anda kerjakan. Kebiasaan tersebut harus terus dijaga konsistensinya sehingga darinya Anda secara tidak sadar memeroleh kunci-kunci sukses yang lain. Yang kerap kita jumpai adalah: Banyak orang ingin sukses tapi kebiasaan-kebiasaan hidupnya tidak mencerminkan harapan dan cita-citanya itu.

 

10 Kunci Sukses untuk Masa Depan

Nah, berikut 10 kunci sukses yang sering dilakukan oleh orang-orang kaya atau mereka yang bergelimang kesuksesan.

 

1. Selalu Bangun Pagi

 

Ciri orang sukses yang pertama adalah mereka yang selalu bangun pagi. Orang kaya biasa bangun pagi, 3 jam sebelum jam masuk kerja. Hal ini dikemukakan Thomas C. Corley dalam buku berjudul Rich Habits The Daily Success Habits of Wealthy Individuals. Dia melakukan riset tentang kehidupan 233 orang kaya dan 128 orang miskin selama lima tahun.

Hasil risetnya adalah adanya perbedaan kebiasaan antara orang kaya dan orang miskin.

Orang kaya dalam studi ini didefinisikan sebagai mereka yang memiliki penghasilan lebih dari $160.000, dengan aset di atas $3,2 juta. Sedangkan orang miskin dikategorikan sebagai mereka yang penghasilannya kurang dari $30.000. Hasilnya, 44% orang kaya sering bangun pagi. Sementara, hanya 3% orang miskin yang melakukannya.

Untuk itu, agar Anda bisa berpotensi sukses dan kaya, biasakan untuk bangun pagi. Selain bahwa bangun pagi itu dapat menyegarkan badan, bangun pagi juga membuat pikiran jernih. Ini akan berdampak pada daya pikir Anda ke masa depan.

 

2. Membuat Schedule Kegiatan Harian

Orang-orang sukses tentu tidak melakukan sesuatu secara asal-asalan. Juga tidak melakukannya begitu saja tanpa ada tujuan yang jelas. Mereka selalu membuat daftar tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukannya setiap hari. Ini bertujuan agar kegiatan tersebut bisa terarah dan tidak hanya mengalir begitu saja.

Dengan membuat schedule atau daftar kegiatan, Anda bisa menapaki tangga kesuksesan secara bertahap. Anda akan mempunyai acuan apa saja yang bisa mengantarkan pada kesuksesan. Juga, akan memudahkan Anda bergerak aktif dengan dasar yang jelas, bukan bergerak tanpa arah.

 

3. Menentukan Target

80% orang kaya berfokus untuk mengejar target yang sudah ditentukan. Bahkan 67% menuliskan target apa yang akan dicapainya. Hanya 12 % orang miskin yang melakukan hal ini. Dari data tersebut, bisa dilihat orang kaya tidak berjalan tanpa ada target yang pasti dan jelas.

Anda pun harus menentukan target apa saja yang harus dilakukan untuk hari ini, esok, dan selanjutnya. Target ini akan membuat hidup Anda lebih fokus dan terarah. Berbeda dengan orang yang tidak mempunyai target, hidupnya seperti air yang terkena ombak. Mengikuti arus ombak ke mana saja arus membawanya.

 

4. Kerja Keras

Sepintas, kehidupan orang kaya itu terkesan sangat enak. Kerjanya mudah dan terlihat santai. Padahal, itu hanya Anda lihat setelah mereka sukses. Lihatlah kerja kerasnya saat masih berusaha meraih kesuksesan, begitu luar biasa upaya yang dilakukannya. Orang kaya tidak punya waktu untuk santai-santai, apalagi untuk berfoya-foya. Mereka hanya punya waktu untuk bekerja keras.

Mereka tidak memikirkan berapa keuntungan yang akan didapatkan, namun memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Jika Anda ingin sukses, kerja keraslah. Kebiasaan santai dan malas harus dirubah mejadi kerja keras. Tidak ada hasil tanpa kerja keras.

 

5. Rajin Membaca

Orang yang sukses umumnya memiliki wawasan yang luas. Tidak ada orang sukses yang wawasannya sempit dan dangkal. Bebagai cara dilakukan orang sukses untuk menambah wawasannya agar terayak. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan rajin membaca.

88% orang kaya membaca buku 30 menit atau lebih setiap harinya. Jauh dibandingkan dengan orang miskin yang membaca setiap harinya sebanyak 2%. Karena itu, jika Anda ingin menjadi orang kaya, rutinlah membaca buku setiap hari. Awalnya memang sulit, namun jika Anda biasakan akan mudah.

Jadi, membaca buku itu urusannya adalah dengan pembiasaan. Jika kelak Anda terbiasa, membaca buku adalah kebutuhan.

 

6. Menjalin Relasi

Ada dalil yang mengatakan, perbanyaklah silaturahmi, maka rizkimu akan bertambah. Inilah yang dilakukan orang kaya untuk menambah pundi-pundi penghasilannya. Orang kaya selalu menjalin relasi dengan siapa saja. Mereka tidak ingin menjadi pribadi yang hanya diam di rumah.

Dengan menjalin dan memelihara relasi, segalanya menjadi lebih mudah. 79% orang kaya meluangkan waktu 5 jam atau lebih dalam sebulan untuk memelihara silaturahmi, berjaringan, dan menjalin relasi.

 

7. Tawakal

Hal yang tidak pernah dilupakan orang kaya adalah tawakal. Langkah ini merupakan langkah mutlak yang dikerjakannya setiap hari. Tawakal itu adalah bentuk ketidakmampuan seseorang mewujudkan sesutau. Meski segala upaya sudah dilakukan, tawakal tetap dilakukannya sebagai bentuk ketidaksombongannya terhadap Tuhan.

Tawakal juga dapat diartikan sebagai doa. Dengan selalu berdoa, manusia mematenkan diri sebagai makhluk yang tidak bisa memastikan langkah dan segala sesuatu yang direncanakan. Doa adalah sebentuk kepasrahan kepada Tuhan.

Namun, doa dapat dilakukan dengan beragam cara. Ada yang meminta seperti biasa, ada pula yang menggunakan amalan-amalan tertentu. Bahkan diyakini, dengan membaca amalan tertentu akan membuat seseorang cepat kaya dan terjaga kekayaannya itu. Namun yang pasti, doa dapat dilakukan di mana pun saja, dan dalam keadaan apa saja. Tuhan pasti mendengar harapan-harapan kita, selagi harapan tersebut merupakan harapan mulia.

 

8. Selalu Meningkatkan Keterampilan

86% orang kaya percaya bahwa peningkatan kualitas diri itu dengan cara meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Orang kaya tidak mau statis dengan kemampuan yang dimilikinya. Orang kaya menganggap kemampuan yang dimilikiya harus terus di-upgrade atau diperbarui setiap hari.

Di tengah arus percepatan di berbagai bidang, peningkatan keterampilan adalah suatu kebutuhan yang tak bisa ditawar. Anda selalu dituntut untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang sangat cepat. Jika tidak, Anda akan tertinggal. Sebaliknya, dengan selalu berusaha meningkatkan keterampilan, Anda akan selalu punya bekal untuk menghadapi dan lalu mengambil kesempatan baru dari berbagai gelombang perubahan tersebut.

 

9. Tunda Berbelanja yang Konsumtif

Orang kaya selalu menunda untuk membuat hatinya bahagia sesaat, misalnya berbelanja. Mereka tidak ingin hasil yang didapat langsung dibuat untuk kenikmatan sementara, atau dihabiskan demi sesuatu yang sifatnya konsumtif belaka. Dirinya fokus berinvestasi untuk kepentingan jagka panjang.

Hal yang sangat jauh berbeda dengan kebiasaan kita, bukan? Jika kebanyakan kita umumnya punya uang atau memiliki uang lebih dari usaha langsung ingin dibelanjakan. Padahal hal ini yang membuat kita sulit untuk kaya. Untuk itu, jika ingin sukses dan kaya di masa depan, mulailah untuk menunda keinginan Anda untuk berbelanja dan fokuslah untuk berinvestasi. Berbelanja, apalagi untuk barang konsumtif, adalah kegiatan penghamburan dan pemborosan yang tidak perlu.

 

10. Tidak Mudah Mengeluh

Orang sukses biasanya dicirikan tidak mudahnya mengeluh dengan kondisinya yang terkini. Mereka memang sering mengalami kejadian sulit, namun keadaan tersebut disikapi secara positif. Mengeluh hanya akan membuat dirinya tidak maju dan menyerah.

Mengeluh tentu tidak mengubah apapun. Yang dapat mengubah adalah tindakan, sikap, dan cara kita keluar dari berbagai keadaan sulit yang mendera. Mengeluh tetap boleh, namun sewajarnya saja. Karena, tidak mungkin juga kita hidup tanpa keluhan; namun juga tidak mungkin bahwa keluhan adalah jalan keluar.

 

Baca juga: 10 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

 

Akhirul Kata

10 kunci sukses untuk masa depan ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber yang dapat dijangkau oleh penulis. Semoga dengan kehadiran artikel ini Anda mendapatkan pencerahan, lalu Anda pun terbangun untuk berbuat sesuatu yang produktif untuk masa depan Anda.

Semoga bermanfaat!

bangun pagi kaya kunci sukses Kunci Sukses untuk Masa Depan masa depan orang kaya orang miskin sukses sukses dan kaya tips dan kunci

Related Post

Leave a reply