10 Kegunaan Daun Sirih bagi Kesehatan

708 views

HYBERNASI-Tips Sehat. Daun-daunan pemberian alam di sekitar kita mengandung kegunaan luar biasa. Sejak dahulu, alam memang begitu baik dengan manusia.

Kegunaan Daun Sirih

Fasilitas yang begitu rupa bagi kebaikan manusia ini tentu harus dirawat dan dilestarikan. Jika tidak, manusia akan mengalami kelangkaan dan krisis kesehatan berkepanjangan.

Kali ini Hybernasi akan berbagi tips tentang kegunaan atau manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia dari selembar daun sirih. Khasiat daun sirih sudah dirasakan oleh berbagai generasi.

Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Di indonesia sendiri ada budaya nginang, yaitu mengunyah daun sirih bersama gambir, pinang dan kapur. Budaya ini sudah berlangsung secara turun-temurunm, di beberapa daerah orang-orang tua masih mempraktikkannya.

Yuk disimak apa saja kegunaan yang dapat kita peroleh dari daun sirih.

Berikut daftarnya

 

1. Menyembuhkan Penyakit Kanker

Daun sirih ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kanker.

Caranya cukup mudah, yakni cukup petik beberapa helai daun sirih, secukupnya saja. Cuci daun sirih hingga bersih, lalu rebus hingga air tinggal 1/4 dari sebelum merebus. Beri madu agar tidak terlalu pahit, lalu minum 3 kali sehari. lebih pun tidak apa-apa, karena tanpa daun sirih tidak mengandung efek samping. 100% alami.

Cukup mudah, bukan? Maka, ayo lestarikan kebaikan alam agar ia tetap dapat memberikan kegunaan bagi kita.

2. Melancarkan Buang Air Kecil

Mungkin bila Anda pernah sulit buang air kencing bisa mencoba menggobatinya dengan meminum jus daun sirik. Caranya membuat jus daun sirik, cukup ambil beberapa helai daun sirih, cuci, lalu blender bersama madu dan air susu. Cukup meminumnnya seminggu sekali saja.

Bukankah selama ini aktivitas buang air kecil tak pernah kita pedulikan? Nah, ini saatnya kita memperhatikan saluran kemih agar besok-besok kita tak berurusan dengan berbagai masalah di saluran “ampas” ini, ya.

3. Mengobati Mimisan

Di waktu anak-anak, kita sering melihat kawan sejawat atau mungkin orang lain yang mengeluarkan darah dari hidung. Nah, itu namanya mimisan.

Berikut ini tipsnya agar kita terhindar dari mimisan.

Mimisan, bila anda atau saudara sedang mimisan gunakanlan daun sirih muda. Caranya cukup ambil daun sirih muda, remas atau lumatkan daun sirih mudah tersebut, gulung hingga keluarnya minyaknnya, lalu gunakan gulungan daun sirih itu untuk menyumbat hidung yang sedang mimisan.

4. Mengobati Luka Bakar

Bila Anda terkena minyak panas, knalpot, api dan lainnya lainnya yang panas hingga menyebabkan luka bakar, maka obatilah dengan daun sirih ini. Dengan cara, yakni ambil beberapa daun sirih, peras beri sedikit madu, lalu bubuhkan pada luka bakar tersebut hingga luka bakar membaik.

Cara ini sekurangnya dapat memberikan pertolongan pertama pada Anda, sebelum Anda memeriksakannya ke dokter.

5. Mengobati Bronkitis

Bagi Anda penderita penyakit bronkitis, Anda dapat menyebuhkannya dengan daun sirih.

Caranya: cukup ambil 5-7 helai daun sirih. Daun sirih tersebut dicuci dengan air mengalir hingga benar-benar dipastikan bersih. Rebus dengan 2 gelas air dan 1 buah gula batu. Rebus hingga air tinggal 1 gelas saja. Lalu, minumlah selagi hangat. Cobalah minum 3 kali sehari.

Tidak perlu biaya tinggi, bukan?

6. Mengobati Diare

Buat Anda yang perutnya susah buang air besar atau mungkin diare, daun sirih bisa menjadi solusinya.

Anda bisa mencoba mengobatinya dengan cara ambil 6 buah daun sirih, 6 butir biji merica, dan 1 sendok minyak. Kemudian, tumbuk dan oleskan minyak tersebuh ke perut.

Namun, jika cara ini belum juga membuahkan hasil, tentu yang harus Anda lakukan adalah konsultasi dengan orang yang tepat: dokter.

7. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit dan Gatal-Gatal

Seperti yang kita ketahui bahwa daun sirih dapat membunuh berbagai kuman. Nah, bila kulit Anda gatal gatal, Anda bisa mengobatinya dengan rebusan air daun sirih.

Caranya cukup mudah, yakni cukup rebus daun sirih dengan air hingga medidih. Lalu basuhkanlah air rebusan daun sirih tersebut ke permukaan kulit yang gatal, basuhkan selagi air masih hangat agar kuman-kuman penyebab gatal-gatal juga mati karena panas.

Penyakit kulit sebetulnya memang bukan penyakit mematikan. Namun, tetap saja Anda harus mewaspadainya.

8. Mengobati Jerawat

Ingin memiliki wajah bebas jerawat? Dengan begitu, daun sirih bermanfaat untuk wajah juga, lho.

Caranya: cukup ambil daun sirih secukupnya, tumbuk hingga halus. Tapi jangan juga terlalu halus. Lalu seduh dengan air hangat, gunakan air hangat tersebut untuk membasuh permukaan kulit yang terkena jerawat.

9. Menghilangkan Bau Badan

Bila Anda sedang bermasalah dengan bau badan, Anda bisa menggunakan ramuan daun sirih untuk menghilangkannya.

Caranya: ambil 5 helai daun sirih, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Lalu, minumlah air tersebut. Minumlah pada siang hari. Selain dengan minum air rebusan daun sirih, Anda juga harus mandi yang teratur ya.

Daun sirih saja tentu tak dapat diandalkan menghilangkan bau. Mandi yang teratur juga membantu menghilangkan masalah bau badan.

10. Mengobati Bisul

Anda punya masalah dengan bisul? Bisulan? Nah, cara ini patut dipertimbangkan.

Caranya: cukup menumbukkan daun sirih yang sudah cukup tua, lalu bubuhkan tumbukkan tersebut ke sekitar atau persis ke bisul Anda. Bisul akan segera kempes, disusul dengan keluarnya nanah.

Demikian tips yang dapat Hybernasi kemukakan. Semoga tips ini dapat bermanfaat.

Dan, sekali lagi, bila Anda mengalami penyakit atau masalah kesehatan serius, yang harus Anda lakukan adalah menemukan orang yang kapabel dan memiliki kapasitas. Terima kasih.

daun sirih kegunaan daun sirih manfaat daun sirih rebusan daun sirih tanaman sirih

Related Post

Leave a reply